Ilmuwan Temukan 4 Tipe Kepribadian Baru, Kamu Masuk yang Mana?

Minggu, 22 November 2020 06:00 Reporter : Indra Cahya
Ilmuwan Temukan 4 Tipe Kepribadian Baru, Kamu Masuk yang Mana? Ilustrasi kepribadian seseorang. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Selama ini ada beberapa pendekatan berbagai jenis kepribadian yang membedakan tiap manusia. Ada yang dibagi ke empat jenis (sanguin, plegmatis, koleris, melankolis), bahkan ada yang bahkan dibagi hingga 16 jenis (INFP, ENTP, ISTJ, dll.). Namun terdapat analisa baru dari ilmuwan Spanyol yang dapat membagi kepribadian dengan lebih akurat.

Dilansir dari Daily Mail, ternyata sebagian besar dari populasi manusia bisa dikategorikan dalam empat tipe kepribadian. Para ilmuwan di Spanyol ini membaginya berdasarkan berbagai dilema sosialnya, dan mengembangkan algoritma untuk mengklasifikasikan perilaku mereka.

Algoritma ini membagi tipe kepribadian menjadi empat buah, yakni optimis, pesimis, penuh kepercayaan, atau iri. Gabungan peneliti dari Universidad Carloss III de Madrid, Universities of Barcelona, Rovira i Virgili University, dan Zaragoza University, merekrut 541 partisipan untuk bergabung dalam sebuah eksperimen sosial.

Para partisipan ini dipasangkan dengan partisipan lain untuk melakukan game, dan setiap selesai satu game, pasangan diganti. Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui karakter dalam bermain game: apakah dapat bekerja sama atau justru tidak bekerja sama dan berkhianat.

Dari respon terhadap situasi ini, para peneliti dapat mengembangkan algoritma untuk mengklarifikasikan partisipan berdasarkan kepribadiannya. Terdapat empat klasifikasi.

Mari kita simak empat kepribadian terbaru ini di laman selanjutnya ya!

Baca Selanjutnya: Empat Kepribadian...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini