Enam tantangan perusahaan transisi ke arah digital

Jumat, 19 Agustus 2016 10:30 Reporter : Fauzan Jamaludin
Enam tantangan perusahaan transisi ke arah digital Digital era. © Tonyzambito.com

Merdeka.com - Direktur Virtus Technology Indonesia, Christian Atmadjaja mengatakan, di era transformasi digital, perusahaan kerap dituntut untuk dapat mengubah model bisnis menjadi lebih efisien, menyusun strategi efektif yang mampu menghadirkan value baru serta mengimplementasikan teknologi yang tepat.

Tidak hanya itu, perusahaan juga dihadapi berbagai tantangan yang hadir selama proses transformasi ini berlangsung. Dia pun merujuk pada studi yang dilakukan oleh Deloitte. Dalam studi itu mencatat enam tantangan yang paling sering dialami oleh perusahaan dalam proses transisi ke arah digital.

"Tantangan tersebut di antaranya banyaknya prioritas perusahaan yang saling bertentangan, faktor biaya, masalah keamanan, strategi yang lemah, minimnya responsivitas terhadap perubahan dan peluang, serta kemampuan teknis yang kurang memadai," jelasnya saat acara Virtus Showcase 2016 di Jakarta beberapa waktu yang lalu.

Salah satu dari keenam tantangan itu yang perlu diperhatikan perusahaan adalah masalah keamanan. Pasalnya meski kelima tantangan itu sudah dilalui, namun masih ada perusahaan yang kurang memahami betapa pentingnya keamanan informasi.

Menurut Bruce Chai, Head of Threat Prevention, Asia, Check Point Software Technologies, walaupun transformasi digital telah menjadi prioritas sebagian besar perusahaan di dunia, tingkat kesadaran akan pentingnya keamanan informasi masih relatif rendah. Sebuah studi mencatat bahwa mayoritas pelanggaran keamanan informasi disebabkan oleh human error dan penyimpangan yang dilakukan karyawan.

"Di era Internet of Things di mana milyaran perangkat saling terhubung, keamanan informasi harusnya menjadi perhatian utama seluruh perusahaan dan perlu disusun strategi kemanan preventif yang tepat," tuturnya. [ega]

Topik berita Terkait:
  1. Digital Startup
  2. Internet
  3. Teknologi
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini