Benarkah Main Gadget saat Hujan Deras Berisiko Tersambar Petir, Berikut Penjelasannya

Jumat, 15 November 2019 17:22 Reporter : Addina Zulfa Fa'izah
Benarkah Main Gadget saat Hujan Deras Berisiko Tersambar Petir, Berikut Penjelasannya petir di swiss. ©2018 REUTERS/Stefan Wermuth

Merdeka.com - Hujan deras disertai petir sering muncul saat musim penghujan tiba. Hal ini patut diwaspadai melihat risiko yang muncul akibat hujan deras dan petir. Seperti petir yang menyambar, pohon tumbang, jaringan listrik terputus hingga banjir. Antisipasi menjelang musim penghujan harus dilakukan seperti menyediakan jas hujan atau payung.

Kejadian orang tersambar petir karena bermain gadget sepertinya bukan lagi hal baru. Banyak pertanyaan yang muncul karena kejadian-kejadian tersebut. Banyak orang berspekulasi bahwa gadget menjadi penyebab orang tersambar petir.

Pada tahun 2007, New England Journal of Medicine memberitakan seorang pelari yang berusia 37 tahun terpental saat petir menyambar pohon yang berada di dekatnya. Pria tersebut mengalami luka bakar dari perut hingga telinga yang membuat gendang telinganya pecah.

Pada saat investigasi, luka bakar di telinga disebabkan oleh earphone yang terpasang di telinga dan adanya MP3 player yang dikantongi.Pria tersebut mengalami luka bakar yang menjalar dari perut hingga ke bagian telinga yang membuat gendang telinganya pecah.

Dokter mempercayai bahwa aliran listrik yang seharusnya tersalurkan ke bumi, justru dihalangi oleh perangkat MP3 player yang berbahan logam dan kemudian masuk ke dalam tubuh.

Baca Selanjutnya: Benarkah Main Gadget saat...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini