Begini Jadinya Jika Smartphone Juga Ikut #10YearsChallenge!

Sabtu, 19 Januari 2019 00:01 Reporter : Indra Cahya
Begini Jadinya Jika Smartphone Juga Ikut #10YearsChallenge! 10 Years Challenge Smartphone. ©2019 phonearena.com

Merdeka.com - Belakangan sedang trending tagar #10YearsChallenge di Twitter maupun Instagram. Ketika masyarakat mulai bosan dengan tagar tersebut, ternyata banyak orang yang mencurahkan kreativitasnya untuk menjadikannya meme lucu.

Nah kali ini Phone Arena mencoba melakukan hal serupa dengan melihat kembali industri smartphone 10 tahun ke belakang dan terlihat beberapa teknologi lawas yang telah usang namun ada juga teknologi yang dihidupkan kembali seperti slider.

Mari kita simak deretan kilas balik smartphone 10 tahun sebelumnya, dilansir dari Phone Arena.

1 dari 7 halaman

Apple

10 Years Challenge Smartphone. ©2019 phonearena.com

Di 2009 iPhone Original telah berumur dua tahun dan di tahun tersebut lahir iPhone 3GS. Nama "S" di 3GS sendiri menandai hal tersebut untuk pertama kalinya, hingga kini nama S digunakan sebagai pembaharuan tahunan iPhone.

Di tahun 2009, iPhone 3Gs bukan gadget yang populer. Ketika itu Symbian, webOS, Android, serta Windows Mobile jauh lebih merajai.

2 dari 7 halaman

Samsung

10 Years Challenge Smartphone. ©2019 phonearena.com

Dengan segera diluncurkannya Samsung Galaxy S10, akhirnya lini Samsung S telah berumur 1 dekade. Ketika itu, Samsung Galaxy S hanya memiliki layar AMOLED 3,5 inci dengan kamera 5MP namun sudah menyandang gelar flagship.

Namun di tahun sebelumnya, terdapat Samsung Galaxy i7500 yang merupakan ponsel Samsung pertama yang mengusung Android.

3 dari 7 halaman

HTC

10 Years Challenge Smartphone. ©2019 phonearena.com

Para pecinta teknologi dulu dihebohkan dengan rilisnya HTC Hero, sebuah smartphone Android dengan desain seakan bengkok serta adanya trackball. Hal ini membuat smartphone ini sangat unik dan terkenal di masa itu. Di samping keunikannya, terdapat kelebihan seperti bodi anti gores, anti noda, serta anti minyak.

Maju satu dekade, HTC kini sedang kurang produktif merilis smartphone karena ketatnya kompetisi dari merek-merek baru yang menawarkan nilai lebih.

4 dari 7 halaman

Sony

10 Years Challenge Smartphone. ©2019 phonearena.com

10 tahun lalu ponsel Sony masih bernama Sony Ericsson dan masih belum mau mengusung Android. Dulu ponsel Sony hanya mengusung sistem operasi asli Sony yakni OSE, Windows Mobile, atau Symbian.

Namun lini Xperia sebenarnya sudah rilis di satu dekade lalu, dengan Xperia X2 yang mengusung Windows Mobile, layar 3,2 inci, keyboard QWERTY mekanisme sliding, serta kamera terbaik dari semua ponsel yang ada saat itu.

Satu dekade berikutnya, Xperia XZ4 akan segera rilis untuk jadi gadget Sony paling revolusioner dan paling dinanti saat ini.

5 dari 7 halaman

LG

10 Years Challenge Smartphone. ©2019 phonearena.com

LG saat ini memiliki salah satu lini smartphone terbaik yakni LG V40 dengan bezel super tipis dan teknologi kamera revolusioner. Bisa dibilang smartphone ini adalah smartphone paling kurang terkenal namun justru terbaik.

Nah, 10 tahun ke belakang, LG merilis ponsel bernama LG enV Touch yang tak disangka merupakan kompetitor sengit dari iPhone. Layarnya cuma 3 inci, desain elegan, antarmuka yang dimaksimalkan untuk aplikasi musik, serta kamera 3MP dengan autofokus jadi andalan HP ini. Bisa dibilang, LG adalah produsen smartphone yang meski banyak kompetitor tidak akan tergerus karena kualitas yang mereka jaga.

6 dari 7 halaman

Motorola

10 Years Challenge Smartphone. ©2019 phonearena.com

Motorola adalah salah satu vendor ponsel yang bergabung Android dari awal. Di 2009 lalu dirilis Motorola Droid yang mengusung Android 2.0 (Eclair) yang aplikasi terbaiknya adalah Google Maps. Ini adalah ponsel slider dengan tampilan menarik dan desain berdetil tinggi. Sayang keyboardnya terlalu kecil dan baterainya cukup boros.

10 tahun kemudian, Motorola masih mengusung Android bersama pemilik baru yakni Lenovo. Produk andalannya adalah Motorola Z3 dengan prosesor menengah ke atas SD636 dipadu RAM 6GB.

7 dari 7 halaman

Nokia

10 Years Challenge Smartphone. ©2019 phonearena.com

Tidak bisa dimungkiri kalau Nokia masih berjaya 10 tahun lalu. Terbukti dengan seri Nokia N900 yang merupakan smartphone papan atas kala itu, dengan layar tajam, browsing yang mudah, serta desain yang menarik.

Saat ini, Nokia adalah vendor smartphone dengan Android murni dan hardware berkualitas tinggi. Setelah masa kejayaannya turun, saat ini Nokia mulai naik dengan menguasai 1 persen pasar smartphone global. [idc]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini