Banyak Film Baru, Ini Rahasia Posisi Duduk Terbaik di Bioskop Menurut Sains!

Sabtu, 4 Mei 2019 06:00 Reporter : Indra Cahya
Banyak Film Baru, Ini Rahasia Posisi Duduk Terbaik di Bioskop Menurut Sains! Ilustrasi bioskop. ©2014 Merdeka.com/Shutterstock/aerogondo2

Merdeka.com - Di bulan Mei 2019 ini, banyak sekali film-film baru bermunculan. Mulai dari Avengers: Endgame yang masih tayang, Detective Pikachu, Godzilla terbaru, John Wick terbaru, 20 Steps of May, dan masih banyak lagi.

Tentu akan sangat menjengkelkan bila saat menonton bioskop kita dapat kursi depan. Posisi bagian depan diasumsikan sebagai posisi terburuk untuk menonton bioskop karena kita harus mendongak untuk melihat layar.

Untuk mengatasi hal tersebut, sains memiliki jawaban tersendiri soal posisi terbaik dan terburuk saat menonton film di bioskop.

Saat ini bioskop-bioskop modern sudah menggunakan pengeras suara stereo berteknologi Dolby Digital atau THQ. Nah, teknologi pengeras suara itulah lah yang bisa kita jadikan patokan untuk menentukan posisi terbaik menonton film di bioskop.

Seperti yang kita tahu, Dolby Digital menghasilkan suara surround digital dari dua buah speaker yang diletakkan di bagian kanan dan kiri layar. Dari sini kita bisa menyimpulkan bila posisi yang paling pas untuk menikmati film adalah di bagian tengah bioskop. Namun jangan terburu-buru untuk memburu kursi di bagian tengah.

Mengambil keputusan untuk duduk di kursi paling tengah di bioskop juga adalah sebuah kesalahan. Sebab, suara yang Anda dengar di kursi paling tengah adalah suara yang netral dan cenderung tidak stereo.

Lalu mana tempat duduk terbaik untuk menonton film? Posisi yang Anda cari itu adalah deretan dua per tiga tempat duduk dengan patokan kursi paling tengah. Jika diaplikasikan ke kursi, sekitar baris C hingga F, dengan nomor kursi 8 hingga 14.

Akan lebih baik bila posisi yang Anda ambil tidak terlalu pinggir untuk mendapat visualisasi gambar terbaik. Usahakan pandangan Anda tidak melebihi 30 derajat dari layar, baik secara vertikal atau horizontal. Cara ini dapat membuat Anda mendapatkan posisi menonton dengan kualitas suara dan gambar terbaik.

Anda sebaiknya juga menghindari menonton di deretan kursi terdepan, selain membuat kepala harus sering mendongak, dua baris terdepan bioskop juga merupakan zona dengan kualitas suara paling buruk.

Semoga membantu! [idc]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini