Apa Itu LinkAja? Berikut Deretan Layanan dan Kemudahannya

Senin, 1 April 2019 12:14 Reporter : Indra Cahya
Apa Itu LinkAja? Berikut Deretan Layanan dan Kemudahannya LinkAja. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Tahukah Anda soal LinkAja? Ini adalah fintech atau perusahaan teknologi finansial besutan BUMN.

Berdasarkan laporan Merdeka.com sebelumnya soal LinkAja, aplikasi fintech ini adalah sinergi dari deretan perusahaan BUMN berbasis bank atau HIMBARA (Himpunan Bank Milik Negara), serta didukung oleh Telkomsel dan Pertamina. Telkomsel sendiri mengubah layanan TCASH miliknya menjadi LinkAja.

Berdasarkan website resmi dari Bank Mandiri yang jadi salah satu rekanan LinkAja, LinkAja adalah aplikasi yang menghadirkan kemudahan dan kenyamanan dalam memenuhi kebutuhan transaksi digital.

Pada dasarnya, LinkAja menawarkan produk dompet digital yang bersaing langsung dengan deretan penguasa pasar saat ini yakni GoPay, OVO, dan DANA.

Berbasis dompet digital, dengan LinkAja Anda bisa melakukan pembayaran di deretan merchant offline melalui QR Code.

LinkAja pun melalui websitenya, menggalakkan campaign 'Tap and Snap'. TAP beroperaso menggunakan sticker LinkAja, yang mirip sticker TCASH besutan Telkomsel jika HP Anda tak mendukung NFC, serta SNAP yang berarti scan QR Code di merchant offline.

Berdasarkan pengamatan Merdeka.com, merchant offline yang kini telah tersedia untuk dibayar melalui LinkAja salah satunya adalah Pertamina. Jadi, Anda bisa dengan mudah membeli bahan bakar tanpa harus membayar cash.

Selain itu, Anda juga bisa berbelanja di e-commerce favorit dengan membayar menggunakan PIN dan atau OTP dari LinkAja.

Seperti deretan aplikasi yang beroperasi di Indonesia, LinkAja juga bisa digunakan untuk membayar tagihan bulanan. Tagihan dan token listrik, PDAM, BPJS, serta Internet bisa dibayar dengan mudah lewat LinkAja. Tak cuma itu, membeli pulsa, berdonasi, bahkan membeli voucher games juga bisa.

Sama seperti dompet digital lainnya, Anda juga dipermudah untuk mengirim dan menerima saldo melalui daftar kontak atau scan QR.

melansir LinkAja.id, cara top-up saldonya pun mudah melalui ATM, atau mobile banking bank kepercayaan Anda. Perlu dicatat, LinkAja tak cuma mendukung bank-bank BUMN, seperti Mandiri, BRI, BNI, BTN, dan bank-bank yang tergabung dalam ATM Bersama, namun juga BCA lewat mBCA virtual account.

Selain itu, Anda juga bisa top-up melalui mini market seperti Alfamart, Alfamidi, Indomaret, Circle K, Dan+Dan, FamilyMart, dan Suzuya. [idc]

Topik berita Terkait:
  1. Fintech
  2. BUMN
  3. LinkAja
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini