7 Smartphone Terbaik Dengan RAM 12GB, Smartphone Dengan Performa Sengebut PC!

Sabtu, 17 Agustus 2019 00:01 Reporter : Indra Cahya
7 Smartphone Terbaik Dengan RAM 12GB, Smartphone Dengan Performa Sengebut PC! Xiaomi Mi 9 Transparent Edition. ©2019 androidauthority.com

Merdeka.com - Di beberapa tahun lalu, PC yang memiliki RAM 4GB sudah dianggap tinggi. Namun saat ini, smartphone flagship akan dicibir jika mengusung RAM kurang dari 8GB.

Namun standar baru telah dipatok, yakni smartphone dengan RAM 12GB. Hal ini sudah dilakukan oleh banyak flagship berbasis performa dan gaming.

Kapasitas RAM yang tinggi punya jaminan penuh soal performa, terutama di kapasitas 12GB. Hal ini akan membuat smartphone lebih awet karena smartphone tetap berperforma baik meski terpapar update software baru yang cenderung berat.

Berikut ini deretan smartphone terbaik dengan RAM 12GB. Yuk kita simak bersama!

1 dari 7 halaman

Samsung Galaxy Note 10 Plus

Tak bisa dimungkiri lagi, Samsung Note 10 adalah seri Note paling bertenaga dan gadget yang menandai era baru produktivitas mobile.

Hal ini terlihat dari dapur pacu yang disematkan Samsung di dalamnya. yakni prosesor Snapdragon 855 dan juga Samsung Exynos 9825 untuk di luar AS. Exynos 9825 sendiri dibangun di atas teknologi 7 nanometer yang membuatnya hemat daya. Prosesor ini akan dipadu dengan RAM 12GB untuk seri Plus.

Belum lagi jerohan ini akan disokong kapasitas baterai 4.300mAh.

Karena performanya yang luar biasa, Samsung Note 10 kini juga berfokus pada gaming. Terdapat fitur game booster yang mengoptimasi pengalaman gaming lewat performa dan juga menganalisis perangkat jika mengalami overheat.

Samsung juga menggandeng aplikasi chat dan voice note Discord untuk pengalaman gim multiplayer yang lebih baik.

2 dari 7 halaman

One Plus 7 Pro

OnePlus 7 Pro adalah smartphone papan atas yang mengusung keunggulan berupa layar yang diberi nama fluid AMOLED edge-to-edge screen, tanpa notch, refresh rate 90Hz, serta resolusi Quad HD yang tajam dan dukungan HDR10+.

Terdapat juga pop-up selfie kamera yang membuat smartphone ini bisa mendapatkan layar secara penuh tanpa adanya notch di bagian atas layar.

OnePlus sedari dulu adalah smartphone kualitas flagship dari sisi performa. Namun soal kamera, pabrikan asal China ini selalu dianggap kurang. Nah, kali ini OnePlus ingin memperbaikinya. Di OnePlus 7 Pro, tersemat tiga buah kamera belakang dan satu kamera depan berbasis pop-up.

Tak lupa, dapur pacu berupa Snapdragon 855 yang dipadu RAM dengan pilihan 8GB atau 12GB yang menjamin performa ngebut dari smartphone ini.

3 dari 7 halaman

ASUS ROG Phone 2

ROG Phone 2 adalah smartphone gaming yang hadir dengan desain luar biasa futuristik dengan fitur dan spesifikasi yang juga papan atas.

Jika Anda merasa smartphone gaming punya desain 'asimetris' yang futuristik, kali ini Asus membuat ROG phone 2 makin asimetris dan nampak acak. Di balik desain yang menarik ini, terdapat fitur lubang pembuangan panas yang bernama "ROG Aerodynamic System."

Soal dapur pacu, terdapat prosesor gaming terbaru Qualcomm, yakni Snapdragon 855+. Ini adalah smartphone pertama yang tercatat mengusung Snapdragon 855+.

Prosesor ini mendapatkan peningkatan performa sebanyak 4 persen untuk CPU dan 15 persen untuk GPU dibanding Snapdragon 855 biasa. Tentu 15 persen peningkatan sisi grafis adalah hal yang dibutuhkan gamer. Terlebih lagi, prosesor ini dipadu dengan RAM 12GB dan storage 512GB.

Lewat benchmark yang diterbitkan Asus, ROG Phone 2 berhasil mengungguli dua flagship Android lain yang berbasis performa juga, yakni OnePlus 7 Pro dan juga Samsung Galaxy S10+.

4 dari 7 halaman

Samsung Galaxy S10+

Sebelum Note 10, Samsung S10 adalah smartphone terbaik dan paling revolusioner dari Samsung.

S10+ mengusung layar 6,44 inci dalam panel "Dynamic" AMOLED Infinity-O. Resolusinya QHD+ dengan aspek rasio 19:9.

Untuk versi yang diperkenalkan di AS ini, duo Samsung ini menggunakan prosesor octa-core Snapdragon 855 yang dibangun di atas teknologi 7 nanometer. Untuk versi global di luar Amerika Serikat, Samsung akan menggunakan prosesor Exynos yang performanya setara.

Prosesor ini akan dipadu dengan pilihan RAM 6GB atau 8GB, namun terdapat pilihan RAM 12Gb untuk Samsung S10+. Tentu dapur pacu ini menjanjikan performa luar biasa.

Samsung S10 series dinobatkan sebagai salah satu smartphone dengan performa terbaik versi AnTuTu. Ia berada di bawah Mi 9, Xiaomi Black Shark 2, Meizu 16s, serta Vivo iQOO Monster.

5 dari 7 halaman

Xiaomi Black Shark 2

Maret lalu, Xiaomi akhirnya merilis generasi selanjutnya dari lini gamingnya yakni Black Shark 2. Smartphone ini dirilis di China menyusul suksesnya Black Shark dan Black Shark Helo yang dirilis tahun lalu.

Soal desain, sebenarnya tak banyak perubahan berarti dari generasi sebelumnya. Aspek seperti sudut-sudut tegas dan logo RGB masih tersemat di Black Shark 2.

Bedanya, kini Black Shark 2 mengusung layar AMOLED 6,39 inci dengan resolusi Full HD+, yang di dalamnya tertanam fingerprint sensor. Xiaomi mengklaim bahwa pemindai sidik jari bawah layar di Black Shark 2 ini adalah yang latensinya paling rendah dengan 43,5 milidetik.

Terdapat stereo speaker di atas dan bawah layar, serta kamera depan 20MP. Di belakang, terdapat kamera 48MP yang dipadu kamera telefoto sebesar 12MP.

Soal jerohan, smartphone gaming ini memiliki beberapa perubahan. Pertama, terdapat prosesor terbaru Qualcomm Snapdragon 855 dengan paduan RAM 6GB, 8GB, atau 12GB!

Kedua, terdapat sistem pendingin baru yang menggunakan dua lapis saluran uap. Lapisan pertama digunakan untuk mencegah panas ketika bermain game, dan yang kedua untuk mencegah panas ketika smartphone dicas sambil digunakan untuk bermain.

Ketiga, baterai 4.000mAh yang kini mendukung fast charging 27W yang dalam 5 menit cas bisa digunakan bermain 30 menit.

6 dari 7 halaman

Nubia Red Magic 3

Nubia Red Magic 3 adalah suksesor dari Red Magic Mars yang rilis tahun lalu. Red Magic 3 sendiri mengalami peningkatan yang signifikan dan kini bisa dibilang sebagai salah satu smartphone gaming terbaik.

Bagaimana tidak, kini Red Magic 3 menusung layar AMOLED 90Hz, game controler yang bisa dicopot, serta dual speaker yang menghadap ke depan.

Soal dapur pacu, terdapat Snapdragon 855 yang dipadu RAM 8GB atau 12GB, serta disokong baterai 5.000mAh. Terdapat juga kamera belakang dengan sensor kekinian yakni 48MP.

Deretan fitur yang masih ada di Red Magic 3 yakni tombol bahu kapasitif, strip lampu RGB di bagian belakang ala perangkat gaming, mode gaming khusus, serta OS yang merupakan Android 9 Pie bersih tanpa bloatware.

7 dari 7 halaman

Xiaomi Mi 9 Transparent Edition

Bersaing dengan Samsung S10, Xiaomi merilis Mi 9. Ini adalah smartphone Xiaomi pertama yang mengusung tiga buah kamera yang kualitasnya tak main-main. Pasalnya, website benchmark kamera DXOMark memberi rating yang baik terhadap Mi9 dengan 107 poin.

Keunggulan utama dari Mi9 adalah smartphone ini tercatat sebagai smartphone pertama yang mengusung Qualcomm Snapdragon 855, disusul oleh Samsung S10 beberapa jam setelahnya. Prosesor ini dipadu dengan RAM 6GB, 8GB, serta 12GB untuk Transparent Edition.

Salah satu varian Mi9, tepatnya varian Explorer, dinobatkan jadi smartphone dengan performa terbaik menurut AnTuTu. Mi9 reguler berada di tempat kedua. [idc]

Baca juga:
Samsung Rilis Smartphone Baterai Graphene Tahun Depan, Cas Hitungan Menit!
Smartphone Lipat Diprediksikan Tembus 50 Juta Unit di Tahun 2024
Advan Rilis Smartphone G2 Pro Harga Rp 1 Jutaan
Samsung Galaxy Note 10 Plus 5G Sabet Gelar Kamera Smartphone Terbaik Saat Ini
Samsung Perkenalkan Galaxy A10s, HP Sejutaan Saingan Berat Realme dan Redmi
Smartphone Oppo Nomor Satu di Indonesia per Kuartal II 2019

Topik berita Terkait:
  1. Gadget
  2. Smartphone
  3. Top List
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini