7 Smartphone Flagship Murah Terbaik, HP Performa Ngebut Tanpa Jebol Kantong!

Rabu, 31 Juli 2019 15:00 Reporter : Indra Cahya
7 Smartphone Flagship Murah Terbaik, HP Performa Ngebut Tanpa Jebol Kantong! Xiaomi Pocophone F1. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Harga smartphone kini semakin mahal. Jika Anda mencari smartphone dengan kelas atas di merek-merek seperti iPhone dan Samsung, harga bisa menyentuh belasan hingga duapuluhan juta.

Untungnya, kita masih disuguhkan dengan beberapa pilihan smartphone dengan performa atas namun dengan harga murah. Tentu dengan catatan, ada kompromi di beberapa aspek. Mulai dari desain, material bodi, sensor kamera, fitur, dan lainnya.

Namun jika Anda adalah pengguna smartphone yang mengandalkan performa ketimbang fitur, deretan smartphone-smartphone ini sangat layak dipertimbangkan. Pasalnya, harganya bisa setengah hingga sepertiga harga Samsung Note atau iPhone XS.

Berikut ulasannya!

1 dari 8 halaman

OnePlus 7

OnePlus 7 adalah smartphone yang memiliki kesamaan secara fisik dengan flagship tahun lalu yakni OnePlus 6T. Smartphone ini memiliki layar dengan bentang 6.41 inci dengan panel AMOLED dan resolusi 1080p. Tak lupa sebuah notch atau poni berjenis waterdrop yang ada di bagian atas layar.

Pemindai sidik jari dalam layar juga masih ada, namun bedanya, kali ini jauh lebih cepat. Bahkan baterai kapasitas 3.700mAh dengan fast-charging pun sama dengan onePlus 6T yang rilis tahun lalu.

Terdapat dual kamera di bagian di belakang, yang kini mendapatkan update kekinian dengan sensor 48MP IMX586 dari Sony, dengan lensa berbukaan f1.7 dan stabilisasi optikal. Kamera ini dipadu dengan kamera sekunder 5MP, dan juga 16MP kamera depan.

Salah satu aspek yang juga makin baik adalah sektor dapur pacu, yang kini mengusung Snapdragon 855 dipadu RAM 6GB. Storagenya pun 128GB. Terdapat juga opsi 8GB/256GB untuk performa lebih baik dan penyimpanan yang lega. Snapdragon 855 adalah prosesor terbaru dan paling bertenaga saat ini.

Sektor dapur pacu ini didukung pula dengan fitur RAM Boost yang membuat manajemen memori jadi lebih baik dengan cara membuat aplikasi yang sering dipakai jadi pre-loaded di RAM.

Beberapa fitur minor yang layak diunggulkan adalah stereo speaker yang disetel kejernihannya oleh Dolby Atmos, serta adanya vibration feedback yang membuat pengalaman menggunakan smartphone ini jadi lebih menarik.

Selain itu semua, yang terbaru dari OxygenOS 9.5, UI asli OnePlus yang berbasis Android Pie, adalah fitur Zen Mode. Ini adalah fitur semacam 'challenge' untuk meletakkan ponsel Anda untuk stop bermain smartphone dan dunia maya, dan mulai berinteraksi dengan dunia nyata. Mengaktifkan Zen Mode akan membatasi fungsi smartphone hanya untuk mengangkat telepon atau menggunakan kamera selama 20 menit.

Harga? OnePlus 7 dibanderol dengan harga 449 Poundsterling, atau setara dengan 8,4 juta Rupiah.

2 dari 8 halaman

Samsung Galaxy S10e

Tak cuma Samsung S10 dan S10+ yang dirilis oleh Samsung, versi ekonomis dari keduanya yakni Samsung S10e juga jadi primadona.

Bagian depan dari S10e mengusung konsep serupa dengan S10 dan S10+, yakni desain Infinity-O atau lubang layar berpanel AMOLED dan bezel super tipis. Soal layar sendiri adalah hal yang membedakan antara smartphone ini dan juga kedua kakaknya. pasalnya S10e mengusung layar 5,8 inci dan juga tak ada desain lengkung "curved" yang jadi ciri khas Samsung S selama beberapa tahun terakhir.

Meski harga lebih murah, tidak ada kompromi untuk layar S10e. Pasalnya layar smartphone ini tetap luar biasa dengan resolusi 1440x2960, Gorilla Glass 6, dan juga dukungan HDR.

Sektor jerohan pun tak ada kompromi meski harga lebih murah. S10e tetap mengusung prosesor Snapdragon 855 (Exynos jika di luar AS), yang dibangun di atas teknologi 7nanometer yang terjamin lebih baik soal performa dan juga konsumsi daya. Prosesor ini akan dipadu dengan RAM/storage 6GB/128GB atau 8GB/256GB.

Semua hardware ini disokong oleh baterai berkapasitas 3.100mAh yang juga bisa berfungsi sebagai powerbank nirkabel berkat fitur reverse charging terbarunya.

Di S10e, tidak ada pemindai sidik jari dalam layar seperti yang kita temui di S10 dan S10+. Alih-alih, kita akan mendapatkan pemindai sidik jari konvensional yang disematkan di sisi samping perangkat. Hal ini cukup kontroversial bagi para pecinta teknologi, namun karena bodinya yang kecil dan desain elegan yang mulus tanpa fingerprint sensor, hal ini seakan termaafkan.

Kita juga masih bisa menemui headphone jack, slot microSD, dan juga port USB C di s10e.

Selain soal pemindai sidik jari, di S10e hanya ada dual kamera dengan konfigurasi kamera utama 12MP dengan dual aperture f1.8 dan f2.4 lengkap dengan stabilisasi optikal (OIS), dipadu kamera wide-angle dengan sensor 16MP tanpa stabilisasi optikal.

Galaxy S10e dibanderol dengan harga Rp 10.499.000 untuk pasar Indonesia.

3 dari 8 halaman

Asus Zenfone 6

Zenfone 6 yang merupakan smartphone terbaru besutan Asus yang kini telah resmi diperkenalkan. Smartphone ini membawa keunggulan berupa kamera flip yang membuat layar bagian depannya bebas notch. Dengan konsep ini, kamera belakang smartphone bakal memutar sehingga bisa menjadi kamera depan.

Teknologi yang sangat revolusioner dalam gadget ini adalah kamera utamanya. Kamera utama di smartphone bisa diputar hingga menghadap ke arah pengguna, dan berfungsi juga sebagai kamera selfie.

Smartphone ini mengusung dual kamera, dengan sensor 48 MP Sony IMX586 f/1.79 untuk sensor utama dan 13 MP f/2.0 untuk ultra-wide.

Soal harga, Asus Zenfone 6 RAM 6GB dengan memori 64GB yang dijual dengan harga 499 euro atau Rp 7,98 juta (Estimasi 1 euro = Rp 16.000).

4 dari 8 halaman

Honor View 20

Honor View 20 merupakan smartphone yang keunggulannya adalah sektor kamera.

Hal ini bisa dilihat dari spesifikasi kameranya yang mengusung sensor CMOS berikuran 1/2 inci dari Sony IMX586. Kemampuan kamera ini disokong dengan kecanggihan chipset asli Huawei yakni Kirin 980. Soal kapasitas RAM, terdapat 6GB atau 8GB RAM dengan memori internal sebesar 128GB atau 256GB.

Honor View 20 sendiri mengadopsi desain layar lubang kamera yang memperluas layar smartphone. Menurut apa yang diklaim Honor, View 20 adalah smartphone pertama yang memgusung 91,8 persen rasio ke bodi.

Smartphone ini mengusung teknologi nanolithography. Teknologi ini berguna untuk membuat tekstur berukuran nano yang tak terlihat di sisi belakang. Nanolithography sendiri merupakan teknologi etsa, atau teknologi untuk menulis dan mencetak permukaan material logam.

Teknologi ini akhirnya diterapkan di bagian belakang smartphone Honor View 20 untuk menjadikan bodi belakang smartphone ini lebih indah dan tahan lama.

Soal harga, smartphone ini dibanderol dengan harga Rp 6.500.000.

5 dari 8 halaman

Xiaomi Mi 9

Xiaomi Mi9 merupakan smartphone Xiaomi pertama yang mengusung tiga buah kamera yang kualitasnya tak main-main. Pasalnya, website benchmark kamera DXOMark memberi rating yang baik terhadap Mi9 dengan 107 poin. Ini adalah angka tertinggi ketiga di semua smartphone dengan hanya ada di bawah Huawei Mate 20 Pro dan Huawei P20Pro.

Berbicara kamera, kamera utama dari smartphone ini membawa 48MP dengan bukaan f1.75, dipadu dengan sistem laser autofokus dan juga deretan kemampuan AI. Kamera sekundernya berupa sensor telephoto 12MP dengan 2x optical zoom, serta 16MP dengan lensa wide-angle.

Keunggulan utama dari Mi9 adalah smartphone ini tercatat sebagai smartphone pertama yang mengusung Qualcomm Snapdragon 855 terbaru, disusul oleh Samsung S10 beberapa jam setelahnya. Prosesor ini dipadu dengan RAM 6GB atau 8GB. Soal kartu grafis, sepaket dengan SD855, terdapat Adreno 640 yang mulus untuk aktivitas grafis berat sekalipun, termasuk gaming.

Soal desain, terdapat layar AMOLED dengan bentang 6,39 inci dengan resolusi Full HD+ dan proteksi Corning Gorilla Glass 6. Smartphone ini menggunakan poni atau notch berjenis waterdrop. Bezelnya kini sangat tipis dibandingkan pendahulunya, dan memiliki 90,7 persen rasio layar ke bodi.

Selain semua fitur dan hardware, Mi9 memiliki pemindai sidik jari bawah layar yang kini sedang jadi tren di hampir semua smartphone flagship.

Semua aspek dalam smartphone akan disokong oleh baterai 3.300mAh yang didukung teknologi fast charging yang chargernya ikut disertakan Xiaomi di dalam kotak. Mi9 juga mendukung pengecasan nirkabel.

Soal harga, Xiaomi Mi 9 dibanderol seharga kisaran Rp 6,5 juta.

6 dari 8 halaman

Pocophone F1

Meski sudah berumur setahun, Pocophone F1 tetap jadi smartphone dengan keunggulan di bidang performa. Bagaimana tidak, smartphone ini mengusung chipset Qualcomm Snapdragon 845.

Pocophone F1 yang hadir di Indonesia ini membawa RAM 6GB dan memori internal 128GB. Tentunya masih dapat ditambah hingga 256Gb melalui microSD.

Dari sisi baterai, Pocophone F1 dibekali dengan baterai berkapasitas 4.000mAh. Soal layar, Pocophone F1 dilengkapi dengan layar berukuran 6,18inci yang mana cukup besar untuk ukuran smartphone. Resolusinya pun keren dengan 1080 x 2246 piksel.

Pocophone F1 memiliki kamera ganda di bagian belakang, yakni 12MP (sensor Sony IMX363) dan 5MP (sensor Samsung). Untuk kamera depannya, memiliki sensor 20MP. Ini akan sangat diminati oleh para penggemar selfie. Belum lagi ada suntik AI alias Artificial Intelligence yang membuat hasil foto makin sempurna, berwarna, dan tajam. Termasuk hasil foto selfie yang dilengkapi oleh teknologi AI Beautify.

Tidak hanya itu, smartphone yang punya notch ini juga dilengkapi sensor IR Face Unlock. Berkat teknologi IR Face Unlock ini, pengguna bisa membuka layar smartphone dengan aman, bahkan dalam kondisi gelap sekali pun.

Soal harga, Pocophone F1 di Indonesia dibanderol Rp 4.499.000 untuk varian RAM 6GB dan memori internal 64GB. Sementara untuk varian RAM 6GB dan 128GB dibanderol Rp 4.999.000.

7 dari 8 halaman

Nubia Red Magic 3

Nubia Red Magic 3 ini adalah suksesor dari Red Magic Mars yang rilis tahun lalu. Red Magic 3 sendiri mengalami peningkatan yang signifikan dan kini bisa dibilang sebagai salah satu smartphone gaming terbaik.

Bagaimana tidak, kini Red Magic 3 menusung layar AMOLED 90Hz, game controler yang bisa dicopot, serta dual speaker yang menghadap ke depan.

Soal dapur pacu, terdapat Snapdragon 855 yang dipadu RAM 8GB atau 12GB, serta disokong baterai 5.000mAh. Terdapat juga kamera belakang dengan sensor kekinian yakni 48MP.

Deretan fitur yang masih ada di Red Magic 3 yakni tombol bahu kapasitif, strip lampu RGB di bagian belakang ala perangkat gaming, mode gaming khusus, serta OS yang merupakan Android 9 Pie bersih tanpa bloatware.

Aspek terbaik tentu soal harga, Nubia Red Magic 3 dibanderol mulai dengan harga USD 479 atau kira-kira Rp 6,9 Juta.

8 dari 8 halaman

Redmi K20 Pro

Salah satu produk papan atas dari sub-merek Xiaomi yakni Redmi, adalah K20 dan K20 Pro. Keduanya berada di pasar menengah ke atas dan flagship yang harganya terjangkau.

Mari kita bahas satu persatu, dimulai dari K20 Pro. Smartphone ini membawa layar OLED dengan bentang 6,39 inci (2.340 x 1.080 piksel) dengan pemindai sidik jari dalam layar. Tidak ada notch di smartphone ini, berkat adanya kamera selife berkonsep pop-up, yang dapat muncul dari bodi dalam waktu hanya 0,8 detik.

Soal dapur pacu, Redmi hanya mengkonfirmasi adanya prosesor Snapdragon 855 dipadu pilihan RAM 6GB atau 8GB. Selain itu, terdapat juga baterai 4.000mAh dengan fast charging 27 watt. Pengisian cepat ini akan membuat baterai dari kosong hingga terisi penuh hanya dalam 73 menit.

Terdapat deretan fitur penting lainnya seperti Game Turbo 2.0, USB-C, NFC, dan headphone jack. Fitur unik lainnya adalah Bluetoot 5.0, GPS dual-frekuensi, charger fast charging dalam kotak, serta shortcut yang bisa diakses dengan sensor sidik jari.

Soal kamera, terdapat tiga buah kamera belakang dengan kamewra utamanya bersensor 48MP dari Sony IMX 596 dengan bukaan f1.75. Sisanya, terdapat kamera bersensor telephoto dengan 2x zoom optical f2.4 dan juga kamera lensa ultra wide dengan sensor 13MP dan f2.4.

Untuk harga Redmi K20 Pro, berikut ulasannya.

  • Harga Redmi K20 Pro 6GB/64GB: 2.499 Yuan (sekitar Rp 5,2 juta)
  • Harga Redmi K20 Pro 6GB/128GB: 2.599 Yuan(sekitar Rp 5,4 juta)
  • Harga Redmi K20 Pro 8GB/128GB: 2.799 Yuan(sekitar Rp 5,8 juta)
  • Harga Redmi K20 Pro 8GB/265GB: 2.999 Yuan(sekitar Rp 6,25 juta)

Untuk varian regulernya yakni Redmi K20, tidak memiliki terlalu banyak perbedaan ketimbang versi Pro. Hanya ada beberapa aspek yang sedikit di bawah dari versi Pro.

Perbedaan utamanya adalah chipset yang diusung yakni Snapdragon 730, kamera utama 48MP namun dengan sensor yang berbeda yakni Sony IMX 582, serta fast charging 18 watt. Selebihnya, terdapat sensor kamera yang sama, serta baterai yang juga 4.000mAh.

Berikut harga Redmi K20, serta diungkap juga harga Redmi 7A yang merupakan varian baru smartphone entry level Redmi dengan Snapdragon 439 dan lapisan anti percik air P2i.

  • Harga Redmi K20 6GB/64GB: 1.999 Yuan (sekitar Rp 4,2 juta)
  • Harga Redmi K20 6GB/128GB: 2.099 Yuan (sekitar Rp 4,4 juta)
[idc]
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini