Warga di Deli Serang Temukan Bunga Bangkai Setinggi 1,3 Meter, Begini Penampakannya

Kamis, 10 Juni 2021 11:33 Reporter : Fatimah Rahmawati
Warga di Deli Serang Temukan Bunga Bangkai Setinggi 1,3 Meter, Begini Penampakannya Warga di Deli Serang Temukan Bunga Bangkai Setinggi 1,3 Meter, Begini Penampakannya. Instagram/@bbksda_sumut ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Warga di Desa Namo Suro Baru, Kecamatan Sibiru-biru, Kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara (Sumut) beberapa waktu lalu menemukan bunga bangkai setinggi 1,3 meter tumbuh di kebun bambu.

Bunga bangkai ini ditemukan telah tumbuh sempurna pada (5/6) lalu, setelah sebelumnya ternyata bunga bangkai ini telah diamati oleh salah satu anggota Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Wisata Alam Ras Namo Suro Baru (WARAS NASUBA), Sastra Milala, yang merupakan kelompok binaan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumut.

"Penemuan bunga bangkai tersebut bertepatan dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia," kata Kepala BBKSDA Sumut Hotmauli Sianturi pada Rabu (9/6).

Sastra telah melakukan pengamatan terhadap bunga bangkai ini selama satu bulan, yakni sejak tumbuh calon bunga hingga akhirnya mekar secara sempurna.

Melansir dari unggahan di akun Instagram @bbksda_sumut pada Rabu (9/6), berikut penampakan bunga bangkai tersebut.

2 dari 3 halaman

Bunga Bangkai Setinggi 1,3 Meter

warga di deli serang temukan bunga bangkai setinggi 13 meter begini penampakannya
Instagram/@bbksda_sumut ©2021 Merdeka.com

Bunga bangkai tersebut ternyata bukan satu-satunya, melainkan merupakan bunga bangkai ketiga yang tumbuh di lokasi yang sama.

Kepala Bidang Teknis BBKSDA Sumut pun langsung meninjau ke lokasi dan melihat keberadaan bunga bangkai tersebut pada Minggu (6/6). Setelah dilakukan pengukuran oleh petugas, bunga bangkai ini tingginya mencapai 1,3 meter dengan lebar kelopak bunganya 1,27 meter dan tinggi tongkolnya 1,05 meter.

Bunga bangkai ini pun langsung curi perhatian warga sekitar. Beberapa warga terlihat langsung mengunjungi lokasi dan berfoto dengan bunga bangkai tersebut.

3 dari 3 halaman

Dilindungi Keberadaannya

warga di deli serang temukan bunga bangkai setinggi 13 meter begini penampakannya
Instagram/@bbksda_sumut ©2021 Merdeka.com

Saat ini, bunga bangkai ini telah dilindungi keberadaannya oleh warga dan Pokdarwis setempat bersama dengan pihak BBKSDA Sumut.

Di sekitar lokasi tumbuhnya bunga bangkai tersebut langsung diberi tanda pembatas serta dipasang poster yang bertuliskan imbauan untuk tidak mengambil atau merusak bunga bangkai tersebut.

Hal ini dilakukan untuk menjaga kelestarian habitat bunga bangkai, sekaligus merupakan upaya untuk mengembangkan wisata edukasi Konservasi Bunga Bangkai di desa tersebut.

[far]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini