Surah untuk Ibu Mengandung yang Bisa Diamalkan, Lengkap dengan Keutamaannya

Selasa, 9 Agustus 2022 15:30 Reporter : Muhammad Farih Fanani
Surah untuk Ibu Mengandung yang Bisa Diamalkan, Lengkap dengan Keutamaannya Ilustrasi hamil. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Subbotina Anna

Merdeka.com - Surah untuk ibu mengandung sebaiknya diketahui oleh para calon ibu. Pasalnya, seorang ibu yang sedang mengandung tidak hanya diwajibkan untuk menjaga kesehatan bayi yang ada di dalam kandungan.

Ibu yang sedang mengandung sebaiknya juga mendoakan dan mengamalkan bacaan-bacaan surah untuk ibu mengandung. Surah untuk ibu mengandung bukanlah surah yang panjang dan susah untuk diamalkan.

Surah untuk ibu mengandung mudah diamalkan dan dibaca oleh siapa saja. Bahkan mungkin Anda sudah mengenalnya dan membacanya berkali-kali dalam satu hari.

Berikut ini Merdeka.com merangkum informasi tentang beberapa surah untuk ibu mengandung yang bisa diamalkan dilansir dari berbagai sumber.

2 dari 4 halaman

1. Surah Yusuf

Pertama, surah untuk ibu mengandung yang mudah untuk diamalkan adalah surah Yusuf. Nabi Yusuf merupakan nabi yang memiliki rupa yang menawan dan berperilaku mulia. Hal ini membuat Nabi Yusuf merupakan seorang yang dikagumi oleh banyak orang yang hidup pada masa itu.

Maka dari itu, membaca surah yusuf ini merupakan salah satu upaya dari ibu agar anak yang dikandungnya bisa memiliki wajah yang rupawan dan akhlak yang mulia seperti Nabi Yusuf.

2. Surah Al Fatihah

Surah untuk ibu mengandung yang kedua adalah surah Al Fatihah. Surah Al Fatihah dikenal sebagai surah pembuka dan disebut sebagai ummul Qur’an. Surat ini merupakan surat yang paling mulia.

Ketika ibu mengandung, membaca surah Al Fatihah akan mendatangkan ketenangan hati dan menguatkan daya ingatan. Maka ari itu, surah Al Fatihah ini merupakan surah untuk ibu mengandung yang dianjurkan untuk dibaca supaya anak yang dikandungnya memiliki ketenangan hati dan daya ingat yang kuat.

3. Surah Yasin

Surah untuk ibu mengandung selanjutnya yang mudah diamalkan adalah Surah Yasin. Surah yasin ini merupakan surah yang sudah banyak dibaca oleh orang-orang ketika tahlilan atau yasinan. Hal ini tentu akan memudahkan ibu mengandung untuk membaca surah ini.

Membaca surah Yasin memiliki banyak keutamaan, terutama jika dibaca oleh ibu yang sedang mengandung. Membaca surah Yasin akan membuat anak yang dikandung oleh ibu akan mendapatkan ketenangan hati dan terhindar dari godaan setan.

3 dari 4 halaman

4. Ayat Kursi

Surah untuk ibu mengandung yang juga bisa Anda amalkan adalah ayat kursi. Ayat kursi merupakan bagian dari surat Al-Baqarah. Ayat kursi mengandung puji-pujian tentang betapa agungnya Sang Pencipta.

Maka dari itu, setiap ibu mengandung, dianjurkan untuk mengamalkan dan membaca ayat kursi. Dengan membaca ayat kursi, akan menjauhkan ibu dan anak dari godaan setan dan berbagai macam kejahatan manusia. Selain itu, membaca ayat kursi akan membuat ibu akan merasa tenang dan tidak cemas.

5. Surah Al Insyirah

Selanjutnya, surah untuk ibu mengandung yang mudah untuk diamalkan adalah surah Al-Insyirah. Surat ini adalah surat yang tidak terlalu panjang dan mudah sekali dihapal. Surah Al Insyirah yang dibaca ketika mengandung dipercaya berperan sebagai penyembuh dari berbagai macam penyakit.

Di dalam surah ini, Allah menegaskan bahwa selalu ada kemudahan usai kesulitan. Hal ini bisa meyakinkan dan memberikan stimulus ketenangan kepada ibu bahwa seberat apapun proses kehamilan yang sedang dialami, akan ada jalan kemudahan di kemudian hari.

4 dari 4 halaman

6. Surah Maryam

Surah untuk ibu mengandung yang bisa diamalkan oleh ibu yang sedang hamil adalah surah Maryam. Surah Maryam memuat cerita tentang perjuangan Siti Maryam dalam melahirkan Nabi Isa. Mulai dari proses lahiran hingga doa-doa yang dipanjatkan Siti Maryam kepada Allah.

Membaca surah Maryam oleh ibu hamil adalah sebuah doa yang dipanjatkan kepada Allah supaya persalinan yang akan dilakukan oleh ibu hamil berjalan dengan lancar. Selain itu, surah Maryam juga merupakan doa yang dipanjatkan kepada Allah supaya anak yang di dalam kandungan bisa menjadi anak yang berbakti.

7. Surah Al Hasyr

Selanjutnya, surah untuk ibu mengandung yang bisa diamalkan adalah surah Al Hasyr. Surah ini merupakan surah ke-59 di dalam Al Qur’an, yang memiliki keutamaan sebagai pelindung sekaligus penyembuh berbagai macam penyakit yang mungkin saja dialami oleh ibu selama mengandung.

Dengan membaca surah ini, dipercaya akan dapat terhindar dari gangguan jin. Selain itu, ibu juga akan didoakan oleh 70.000 tentara malaikat yang dikirim oleh Allah. Ibu mengandung bisa membaca surah ini sembari mengusap perut atau dibaca oleh suami sebanyak tujuh kali dan kemudian ditiupkan ke perut ibu.

Demikian adalah 7 surah untuk ibu mengandung yang bisa diamalkan. Tentu masih banyak surah untuk ibu mengandung yang lain. Akan tetapi tujuh surah itu merupakan surah yang mudah diamalkan dan bisa dibaca sehari-hari.

[mff]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini