Amalan Ibu Hamil Sesuai Ajaran Islam, Berikut Keutamaannya

Jumat, 1 Juli 2022 07:40 Reporter : Novi Fuji Astuti
Amalan Ibu Hamil Sesuai Ajaran Islam, Berikut Keutamaannya Ilustrasi hamil. ©2015 Merdeka.com/shutterstock

Merdeka.com - Menjadi ibu hamil merupakan suatu anugerah yang harus dijaga dengan baik. Tak hanya perkara kesehatan yang perlu dijaga, tetapi ketenangan hati ibu juga jadi salah satu kunci kehamilan yang sehat.

Selain asupan nutrisi yang perlu dijaga dan dipenuhi dengan baik, berdoa juga jadi salah satu rutinitas yang hendaknya dilakukan seorang ibu hamil. Tujuannya adalah agar keturunannya selamat lahir ke dunia dan tumbuh menjadi anak yang bermanfaat bagi bangsa dan agamanya kelak.

Jika saat ini kamu sedang hamil, kamu perlu tahu mengenai beberapa amalan ibu hamil sesuai ajaran Islam. Pelajari pula keutamaan dari amalan ibu hamil tersebut. Setelah mengetahui amalan ibu hamil dan keutamaannya nanti, harapannya setiap ibu hamil dapat melakukannya dengan konsisten agar dapat merasakan manfaatnya di kemudian hari.

Berikut ini informasi mengenai amalan ibu hamil sesuai ajaran Islam yang telah dirangkum merdeka.com melalui NU Online dan berbagai sumber lainnya.

2 dari 3 halaman

Amalan Ibu Hamil Sesuai Ajaran Islam


1. Rutin Melakukan Ibadah Salat Sunah
Amalan ibu hamil sesuai dengan ajaran Islam yang pertama adalah rutin melakukan ibadah salat sunah untuk memohon agar senantiasa dilingkupi kebaikan selama mengandung buah hati tercinta. Ibadah salat sunah juga akan terasa lebih bermakna bila disertai dengan memperbanyak istigfar sesaat setelah selesai beribadah.

2. Membaca Doa Nabi Ibrahim Alaihissallam
Amalan ibu hamil sesuai dengan ajaran Islam berikutnya adalah membaca doa Nabi Ibrahim Alaihissalam. Adaapun doa tersebut adalah sebagai berikut :

رَبِّ هَبْ لِي مِنَ الصَّالِحِينَ

Robbi hablii minash shoolihiin

"Ya Rabbku, anugerahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang salih." (QS Ash-Shaffaat: 100)

3. Tidak Melewatkan Salat Wajib
Amalan ibu hamil sesuai dengan ajaran Islam yang paling utama adalah tidak melewatkan salat wajib. Sebab salat menjadi perantara komunikasi antara umat muslim dengan Allah SWT. Saat mengandung, ada baiknya kamu selalu mengharap keselamatan dan kesehatan janin kepada Allah SWT ketika sedang beribadah.

4. Membaca Ayat Kursi
Amalan ibu hamil sesuai dengan jaran Islam juga bisa kamu lakukan salah satunya dengan membaca ayat kursi. Sudah menjadi rahasia umum jika bacaan ayat kursi adalah ayat paling mulia dalam Al-Quran. Di mana ayat-ayat ini berisi tentang kekuasaan dan keesaan Allah SWT. Ayat kursi memiliki banyak sekali manfaat salah satunya untuk memudahkan ibu hamil saat melahirkan.

5. Mengonsumsi Makanan dan Minuman Yang Baik
Amalan ibu hamil tidak hanya sebatas doa dan ibadah, namun juga mengonsumsi makanan dan minuman sehat sesuai dengan sunnah Rasul. Contoh misalnya kurma, yaitu buah khas Timur Tengah ini menjadi kesukaan Rasulullah.

Faktanya, kurma mengandung banyak sekali nutrisi dan manfaat karena merupakan sumber fruktosa alami yang dipercaya dapat mengembalikan energi kamu selama mengandung buah hatimu. Selain itu, perbanyak pula konsumsi air putih dan biasakanlah untuk minum sambil duduk.

3 dari 3 halaman

Keutamaan Amalan Ibu Hamil


Beberapa amalan ibu hamil yang sudah disebutkan sebelumnya memiliki banyak sekali keutamaan, terlebih jika dijalankan dengan hati yang ikhlas dan berlangsung secara konsisten.
Adapun keutamaan amalan ibu hamil yang bisa kamu rasakan setelah menjalaninya secara rutin adalah sebagai berikut yaitu:

  1. Diberikan hati yang tenang dan percaya diri saat mengandung. Sebab tak ada sebaik-baiknya penjagaan kecuali penjagaan Allah SWT.
  2. Melancarkan proses persalinan, karena Allah akan menolong hamba-Nya yang sedang berjuang untuk melahirkan anak terlebih jika ia memohon keselamatan setiap saat.
  3. Diberikan kesehatan dari janin saat dikandung hingga lahir ke dunia.
  4. Diberikan keturunan yang saleh dan saleha.
  5. Lebih dekat dengan Allah SWT menjadikan diri lebih bersyukur lagi.

[nof]
Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Ibu Hamil
  3. Jabar
  4. Ragam
  5. Yogyakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini