Sepak Bola Api, Permainan Tradisional Indonesia yang Menguji Nyali

Selasa, 19 Oktober 2021 18:09 Reporter : Tyas Titi Kinapti
Sepak Bola Api, Permainan Tradisional Indonesia yang Menguji Nyali Sepak Bola Api. ©2021 Merdeka.com/Fadkus

Merdeka.com - Dari sebuah lapangan lapang, para santri dengan sarungnya berlari mengejar dan berebut bola yang diselimuti bara api. Menggiring bola api yang berkobar-kobar ke arah gawang lawan. Saling berusaha menembus benteng pertahanan lawan. Mencetak poin dengan memasukkan bola ke gawang dengan kaki telanjang.

Berbeda dari permainan tradisional lainnya, sepak bola api ini memang menguji nyali. Hanya orang dengan nyali tinggi yang berani memainkannya. Permainan tradisional Indonesia ini seringkali dimainkan oleh orang dewasa atau remaja. Jarang, anak-anak yang bermain permainan ini karena risiko yang cukup besar.

Dilansir dari budaya-indonesia.org, sepak bola api merupakan permainan tradisional khas Indonesia. Permainan ini berasal dari daerah Sumba Barat NTT tetapi sudah menyebar juga ke Pulau Jawa. permainan bola api di Cirebon biasanya digelar pada momen tertentu. Permainan bola api umumnya dimainkan oleh para santri di Pulau Jawa.

sepak bola api
©2021 Merdeka.com/Fadkus

Bola yang digunakan di permainan tradisional sepak bola api ini berbeda. Bukan bola biasa, bola ini menyala dengan bara api.

Bukan terbuat dari plastik, bola sepak ini terbuat dari batok kelapa yang sudah kering. Setelah itu direndam minyak tanah selama beberapa hari bahkan bulan. Tujuannya, agar minyak meresap ke dalam serat-serat bola kelapa tersebut.

Setelah proses perendaman terasa cukup, bola kemudian dibakar. Bola api pun siap dimainkan.

sepak bola api
©2021 Merdeka.com/Fadkus

Permainan sepak bola api seperti sepak bola pada umumnya. Permainan ini dilakukan oleh dua tim dengan menggunakan bola api. Aturan dalam permainan ini juga hampir sama dan tidak berbeda jauh dengan permainan sepak bola pada umumnya. Memasukkan bola ke gawang. Siapa yang paling banyak, tim itu lah yang menjadi juaranya.

Permainan sepak bola api ini biasanya dimainkan pada malam hari. Bola api ini terlihat menyala di tengah gelapnya malam. Permainan ini membutuhkan keberanian dan kekuatan karena risiko cederanya cukup besar. Pasalnya, jika tidak hati-hati sangat mungkin melepuh karena panasnya bola api.

Namun, para pemain seolah tak merasakan panasnya api. Meski menendang dengan kaki telanjang. Raut wajah mereka terlihat tak gentar dan justru terlihat sangat bersemangat. Permainan ini benar-benar melatih keberanian!

sepak bola api
©2021 Merdeka.com/Fadkus

Permainan sepak bola api umumnya dimainkan oleh para santri di Pulau Jawa, seperti di Cirebon, Magelang, Temanggung, Tulungaagung dan lain sebagainya. Permainan bola api di Cirebon biasanya digelar pada momen tertentu. Bola api juga menjadi salah satu hiburan rakyat pada puncak akhir tahun ajaran di pesantren.

Namun, di daerah lain sepak bola api seringkali digelar menjelang Ramadan atau saat Ramadhan. Bermain sepak bola api ini bak sudah menjadi tradisi di sejumlah wilayah.

sepak bola api
©2021 Merdeka.com/Fadkus

Di luar bahayanya, permainan tradisional asli Indonesia ini memiliki unsur kebersamaan, sportivitas, dan kekompakan. Apalagi permainan sepak bola api ini dapat dinikmati dan ditonton banyak orang yang dapat menciptakan kerukunan. Tertarik mencoba bermain sepak bola api?

[Tys]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini