Niat Mandi Wajib Idul Fitri Sebelum Salat Id, Lengkap dengan Tata Caranya

Selasa, 4 Mei 2021 16:25 Reporter : Ani Mardatila
Niat Mandi Wajib Idul Fitri Sebelum Salat Id, Lengkap dengan Tata Caranya Ilustrasi tata cara mandi wajib. © Pexels

Merdeka.com - Mandi menjadi bagian dari tata cara pembersihan dalam islam untuk mensucikan diri sebelum beribadah. Dalam Islam terdapat dua hadast yang membuat seseorang tidak sah dalam melakukan ritual ibadah yakni hadas besar dan hadas kecil.

Hadas kecil yaitu keadaan seseorang tidak suci dan supaya ia menjadi suci maka harus berwudu atau tayamum. Contoh: buang air kecil, bertemunya kulit laki-laki dan perempuan yang bukan muhrim tanpa adanya penghalang, menyentuh kemaluan.

Hadas besar yaitu keadaan seseorang tidak suci, dan supaya ia menjadi suci maka harus mandi. Contoh: haid, nifas, wiladah, bersetubuh.

Salah satu mandi wajib yang dianjurkan yakni mandi wajib Idul Fitri. Seperti yang diketahui Idul Fitri adalah salah satu hari raya umat muslim yang dilaksanakan setiap tanggal 1 Syawal.

Saat Idul Fitri umat muslim menunaikan salat Idul Fitri, di mana sebelumnya ada sebuah anjuran membersihkan diri yakni mandi sunnah idul fitri. Bagaimana niat dan tata caranya? Berikut merdeka merangkum selengkapnya niat mandi wajib idul fitri sebelum salat Id:

Baca Selanjutnya: Niat Mandi Wajib Idul Fitri...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini