Mengenal Proses Cuci Darah, Kapan Dibutuhkan Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Jumat, 18 September 2020 18:01 Reporter : Ani Mardatila
Mengenal Proses Cuci Darah, Kapan Dibutuhkan Serta Kelebihan dan Kekurangannya Cuci darah di RSUD Tangerang Selatan. ©2019 Merdeka.com/Arie Basuki

Merdeka.com - Ginjal menyaring darah Anda dengan membuang limbah dan kelebihan cairan dari tubuh. Limbah ini dikirim ke kandung kemih untuk dibuang saat buang air kecil. Jika ginjal tidak bisa berfungsi dengan baik dan semestinya, maka seseorang harus melakukan cuci darah atau hemodialisis. Hemodialisis menggantikan kerja ginjal yang tidak sehat.

Menurut National Kidney Foundation, gagal ginjal tahap akhir terjadi ketika ginjal hanya berfungsi 10 hingga 15 persen dari fungsi normalnya. Hemodialisis adalah perawatan yang menyaring dan memurnikan darah menggunakan mesin. Hemodialisis telah digunakan sejak 1940-an untuk mengobati orang dengan masalah ginjal.

Ginjal yang berfungsi dengan baik mencegah kelebihan air, limbah, dan kotoran lainnya menumpuk di tubuh Anda. Cuci darah juga membantu mengontrol tekanan darah dan mengatur kadar unsur kimia dalam darah.

Unsur-unsur ini mungkin termasuk natrium dan kalium. Ginjal Anda bahkan mengaktifkan bentuk vitamin D yang meningkatkan penyerapan kalsium.

Ketika ginjal Anda tidak dapat menjalankan fungsi-fungsi ini karena penyakit atau cedera, cuci darah dapat membantu tubuh berjalan senormal mungkin. Tanpa proses cuci darah, garam dan produk limbah lainnya akan menumpuk di dalam darah, meracuni tubuh, dan merusak organ lain.

Kondisi seperti diabetes, tekanan darah tinggi, kista ginjal, radang ginjal, dan penyakit lainnya dapat menyebabkan gagal ginjal. Berikut proses cuci darah atau hemodialisis dan kelebihan serta kekurangannya yang perlu Anda ketahui dilansir dari National Kidney Foundation:

Baca Selanjutnya: Kapan Proses Cuci Darah Dibutuhkan?...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini