Lezatnya Gulai Nangka, Kuliner Khas Medan yang Cocok Disantap Saat Hari Raya

Jumat, 22 Mei 2020 08:00 Reporter : Fatimah Rahmawati
Lezatnya Gulai Nangka, Kuliner Khas Medan yang Cocok Disantap Saat Hari Raya Lezatnya Gulai Nangka, Kuliner Khas Medan Cocok Disantap Saat Hari Raya. beritakuliner.com 2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Masyarakat Indonesia memiliki kebiasaan menyambut Lebaran dengan berkumpul bersama keluarga besar. Momen tersebut biasanya semakin lengkap dengan adanya sajian menu khas Lebaran yang tidak pernah lupa dihadirkan.

Di Kota Medan, ada satu menu wajib yang harus ada saat Lebaran, yaitu Gulai Nangka. Makanan ini selalu menjadi menu utama yang disajikan bersama Lontong Medan atau ketupat. Masakan khas ini sudah ada sejak zaman dahulu dan hingga kini masih menjadi menu favorit masyarakat Kota Medan saat Hari Raya tiba.

1 dari 3 halaman

Menu Makanan Lebaran

Dilansir dari laman correcto.id, Gulai Nangka merupakan makanan khas Lebaran dari Medan yang sering disajikan bersama lontong sayur. Menu ini adalah resep turun temurun dari masyarakat Melayu Deli.

Rasa gulainya mirip dengan masakan Aceh, hanya saja isinya berupa nangka muda. Beberapa ada yang menambahkan irisan kacang panjang sebagai pelengkap.

2 dari 3 halaman

Menggunakan Bumbu Rempah

Gulai Nangka juga dibuat dengan berbagai bumbu rempah. Bumbu rempahnya terasa kuat karena menggunakan bumbu seperti kunyit, ketumbar, jahe, lengkuas dan rempah lainnya.

Nangka yang digunakan adalah nangka yang masih muda segar dan berwarna putih. Nangka tersebut dikupas di bawah air mengalir dengan pisau yang diolesi minyak agar getahnya hilang.

3 dari 3 halaman

Disajikan Bersama Lontong Medan

Gulai Nangka ini biasanya juga disajikan bersama lontong Medan atau ketupat. Selain itu, menu ini bisa juga ditambahkan isian berupa daging untuk menambah cita rasanya. Daging yang biasa digunakan dalam masakan Gulai Nangka adalah iga sapi. Namun, bisa juga diisi dengan daging sapi biasa atau daging ayam.

[far]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini