Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

LDR adalah Hubungan Jarak Jauh, Berikut Arti Selengkapnya

LDR adalah Hubungan Jarak Jauh, Berikut Arti Selengkapnya Ilustrasi long distance relationship. ©Instagram/Shinliart

Merdeka.com - Di dunia kita yang semakin mudah terhubung, kita memiliki kesempatan untuk bertemu dan belajar dari orang-orang dari seluruh dunia. Dan dengan peluang ini datang lebih banyak kesempatan untuk menemukan cinta, terkadang ribuan mil jauhnya dari rumah.

Hubungan jarak jauh (LDR) dulunya merupakan anomali, sering terjadi kemudian pada pasangan yang sudah mapan. Satu anggota harus pindah untuk belajar, bekerja, atau dinas militer, dan hubungan harus beradaptasi dengan perubahan ini.

Tapi sekarang, kita bisa jatuh cinta dari kejauhan juga. Dengan internet, semakin mudah untuk menjalin hubungan, romantis atau sebaliknya, bahkan sebelum bertemu orang lain "dalam kehidupan nyata", atau IRL.

Tantangan apa yang dimiliki LDR yang tidak dimiliki oleh hubungan biasa? Bagaimana orang-orang di LDR dapat memastikan keberhasilan hubungan mereka? Berikut merdeka.com merangkum tentang LDR atau Hubungan Jarak Jauh beserta tantangan yang dihadapi:

Apa itu LDR?

LDR adalah singkatan dari Long Distance Relationship yang diartikan sebagai hubungan jarak jauh. LDR sudah ada jauh sebelum kenyamanan teknologi muthakir seperti sekarang yaitu internet. 

Sebelum panggilan video dan pesan instan, ada surat dan telegram. Foto dan tanda ciuman di atas kertas didahului emoji hati-mata dan gif lucu untuk mengekspresikan kasih sayang. Tetapi dalam suasana romansa zaman modern saat ini, apakah teknologi benar-benar memudahkan pasangan jarak jauh?

Meskipun berkirim pesan, obrolan video, dan sejumlah aplikasi memudahkan untuk berbicara dengan kekasih Anda kapan pun Anda mau, di mana pun Anda berada, tinggal berjauhan masih merupakan tantangan yang tidak dapat diatasi oleh banyak pasangan.

Tantangan Unik

Meskipun setiap hubungan romantis memiliki tantangan, penelitian menunjukkan bahwa hubungan jarak jauh memiliki serangkaian masalah potensial yang khusus untuk jarak geografis antara pasangan. Tantangan yang dimaksud seperti sebagai berikut dilansir dari Very Well Mind:

  • Mengalami kesulitan keuangan terkait perjalanan
  • Memiliki emosi yang lebih ekstrim terkait dengan hubungan
  • Mempertahankan ekspektasi tinggi seputar pertemuan tatap muka mengingat betapa jarang dan singkatnya pertemuan tersebut
  • Menegosiasikan batas antara teman lokal dan pasangan jarak
  • Memiliki pandangan yang tidak realistis tentang keadaan hubungan
  • Ketegangan finansial adalah faktor nyata yang dialami setiap orang dalam hubungan jarak jauh. Baik itu biaya bahan bakar yang tinggi untuk mengemudi ratusan mil, atau waktu dan komitmen keuangan dari perjalanan pesawat yang sering, pasangan di LDR perlu menganggarkan biaya perjalanan seperti halnya biaya lain seperti hipotek, makanan, dan pakaian.

    Negosiasi batas adalah elemen yang lebih sulit untuk dikelola. Orang-orang dalam hubungan jarak jauh dapat mengembangkan kecemburuan terhadap teman-teman lokal pasangan mereka, sering mengeluh bahwa mereka "menghabiskan terlalu banyak waktu" dengan mereka.

    Ada juga risiko pasangan Anda mengembangkan hubungan intim atau jatuh cinta dengan orang lain saat Anda pergi. Menetapkan batasan yang jelas, bersikap jujur, dan memahami bahwa orang membutuhkan interaksi sosial secara langsung akan sangat membantu dalam meredakan potensi masalah ini.

    Harapan vs. Realitas

    Ketika kita menghabiskan waktu dengan pasangan kita setiap hari, atau setidaknya secara teratur, interaksi tersebut mengandung banyak hal biasa, setiap hari hal-hal seperti sakit, berbelanja, menggosok gigi, atau hanya duduk lelah di depan TV. 

    Namun, dalam hubungan LDR, ekspektasi bahwa pertemuan tatap muka akan menjadi magis, penuh dengan obrolan intim yang luar biasa, dan romantis sering kali tidak seperti yang dibayangkan. 

    Harapan yang tinggi ini seringkali bisa membuat pasangan kecewa dan kesal karena waktu yang dihabiskan bersama ternyata tidak "seperti yang mereka bayangkan".

    Juga sangat mudah untuk mengabaikan masalah hubungan yang berkembang karena jarak. Lebih sulit untuk mengukur apakah pasangan kita benar-benar berkomitmen terhadap hubungan tersebut karena kita tidak melihat perilaku mereka setiap hari.

    Akhirnya, penelitian menunjukkan bahwa perasaan senang, cemburu, cinta, dan marah cenderung lebih ekstrim pada orang-orang di LDR. Ini berarti potensi untuk mengambil keputusan yang didorong secara emosional, untuk perkelahian yang tidak perlu, dan kekecewaan yang menusuk, seperti yang dibahas di atas.

    Bagaimana Mengusahakan untuk Sukses

    Setelah tantangan ini, tampaknya hampir tidak mungkin untuk bahagia pada hubungan LDR. Tapi ini jauh dari kasusnya. Ya, LDR memiliki tantangan dan kesulitan yang tidak muncul dalam hubungan yang dekat secara geografis, tetapi bukan berarti LDR tidak dapat berfungsi.

    Studi mengungkapkan bahwa orang-orang di LDR memiliki tingkat kepuasan yang sama atau lebih tinggi, komunikasi yang kuat, dan keintiman.

    Jadi tergantung pada apa? Penelitian yang melihat apakah sikap memengaruhi kemungkinan bertahannya OSZA menunjukkan bahwa mereka yang memiliki pandangan positif mendapat skor lebih tinggi dalam seberapa baik mereka berkomunikasi dengan pasangannya, kepuasan keseluruhan, dan area lain yang mungkin memprediksi kemungkinan bahwa suatu hubungan akan bertahan. 

    Apa artinya ini? Ini berarti bahwa mempertahankan perasaan dan interaksi positif (rasio 5 banding 1 Gottman juga berlaku untuk LDR) dan membuat mitra merasa aman, aman, dan berkomitmen sama pentingnya untuk LDR seperti untuk hubungan kota yang sama. Dengan kata lain, apa yang Anda lakukan dalam hubungan yang dekat secara geografis juga berlaku untuk LDR.

    Dalam hal komunikasi, video atau telepon lebih baik daripada email dan teks. Namun, kontak tatap muka sangat penting dan membuat perbedaan besar bagi orang-orang di LDR. 

    Dengan kata lain, LDR bekerja dengan cara yang sama seperti hubungan kota yang sama selama dua orang bertemu secara langsung setidaknya beberapa kali dalam setahun. Jika Anda ingin mempertahankan LDR yang sehat, hemat uang untuk bepergian dan rencanakan pertemuan secara teratur.

    Jika tidak, aturan umum yang sama untuk hubungan romantis berlaku: berkomunikasi secara terbuka, jelaskan harapan dan kebutuhan Anda, perjuangkan keintiman dan kepercayaan, dan jadilah orang yang dapat dipercaya. 

    Penting untuk menepati janji Anda dan menjaga komitmen Anda. Misalnya, jika Anda berencana untuk berbicara di telepon sekali sehari, anggap ini sebagai bagian penting dari menjaga hubungan Anda. Ini tidak opsional atau "hanya jika Anda punya waktu".

    (mdk/amd)
    Geser ke atas Berita Selanjutnya

    Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
    lihat isinya

    Buka FYP
    5 Cara Memulai Hubungan Baru yang Ampuh, Susah Move On?
    5 Cara Memulai Hubungan Baru yang Ampuh, Susah Move On?

    Ada beberapa cara ampuh yang bisa dilakukan untuk memulai hubungan baru khususnya bagi Anda yang susah move on. Berikut rahasia terjitunya.

    Baca Selengkapnya
    Mengenal D915, Jalur Paling Berbahaya dan Mematikan di Dunia
    Mengenal D915, Jalur Paling Berbahaya dan Mematikan di Dunia

    Mengenal D915, jalanan paling berbahaya di dunia dengan banyaknya tikungan tajam dan belokan yang mematikan.

    Baca Selengkapnya
    Cara Mencegah dan Mengatasi Anak Rewel pada Perjalanan Darat dan Udara
    Cara Mencegah dan Mengatasi Anak Rewel pada Perjalanan Darat dan Udara

    Pada musim liburan, banyak orangtua mengajak anak mereka untuk berlibur. Dalam perjalanan, tak jarang anak mengalami rewel. Begini cara menenangkannya.

    Baca Selengkapnya
    Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
    video untuk kamu.
    SWIPE UP
    Untuk melanjutkan membaca.
    Kasus Ibu Lahiran di Pinggir Jalan Karena Ditolak Bidan, Faskes di Jember jadi Sorotan
    Kasus Ibu Lahiran di Pinggir Jalan Karena Ditolak Bidan, Faskes di Jember jadi Sorotan

    Buntut kejadian itu, Apdesi Jember hari ini akan melakukan aksi ke Dinas Kesehatan dan DPRD Jember untuk mencari solusi konkret.

    Baca Selengkapnya
    6 Contoh Cerita Lucu Bahasa Jawa tentang Kehidupan yang Bikin Ngakak, Bisa jadi Ide Berbagi Kebahagiaan ke Sahabat
    6 Contoh Cerita Lucu Bahasa Jawa tentang Kehidupan yang Bikin Ngakak, Bisa jadi Ide Berbagi Kebahagiaan ke Sahabat

    Ketika suntuk dan membutuhkan hiburan, membaca cerita lucu Bahasa Jawa bisa menjadi salah satu ide yang bisa dilakukan.

    Baca Selengkapnya
    Cerita Lucu Buat Pacar Ketawa, Ampuh Bikin Hubungan Semakin Romantis
    Cerita Lucu Buat Pacar Ketawa, Ampuh Bikin Hubungan Semakin Romantis

    Merdeka.com merangkum informasi tentang cerita lucu buat pacar ketawa yang ampuh bikin hubungan semakin romantis.

    Baca Selengkapnya
    Sering Mengurusi ODGJ, Potret Semringah Polisi Baik Saat Liburan Bersama Keluarga 'Adem Banget Mendekat Air Terjun'
    Sering Mengurusi ODGJ, Potret Semringah Polisi Baik Saat Liburan Bersama Keluarga 'Adem Banget Mendekat Air Terjun'

    Purnomo Polisi Baik di tengah kesibukannya melakukan aksi sosial sedang meluangkan waktu untuk liburan bersama keluarga di sebuah air terjun yang sejuk dan asri

    Baca Selengkapnya
    Mengurungkan Niat Berangkat Ke Jepang Untuk Bekerja, Pemuda Ini Memilih Berternak Entok 'Alhamdulillah Sudah Punya Mobil dan Menikah'
    Mengurungkan Niat Berangkat Ke Jepang Untuk Bekerja, Pemuda Ini Memilih Berternak Entok 'Alhamdulillah Sudah Punya Mobil dan Menikah'

    Berbekal kesungguhan dan keyakinan, nyatanya ternak yang dijalaninya membuahkan hasil tak terduga. Ia sukses menjadi seorang peternak entok muda.

    Baca Selengkapnya
    Kondisi Terkini Atta Halilintar Usai Jalani Operasi, Masih di Rumah Sakit Ditemani Keluarga Tercinta
    Kondisi Terkini Atta Halilintar Usai Jalani Operasi, Masih di Rumah Sakit Ditemani Keluarga Tercinta

    Atta merasa sangat beruntung karena dikelilingi oleh orang-orang terdekatnya yang selalu mendampinginya dalam suka maupun duka.

    Baca Selengkapnya