Cara Memaafkan Diri Sendiri & Manfaatnya Bagi Kesehatan Mental, Ampuh Damaikan Batin

Sabtu, 13 Februari 2021 12:38 Reporter : Ani Mardatila
Cara Memaafkan Diri Sendiri & Manfaatnya Bagi Kesehatan Mental, Ampuh Damaikan Batin Ilustrasi bahagia. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Maridav

Merdeka.com - Memaafkan sering kali diartikan sebagai keputusan yang disengaja untuk melepaskan perasaan marah, dendam, dan pembalasan terhadap seseorang yang kamu yakini telah berbuat salah kepadamu. Namun, meski kamu mungkin cukup murah hati dalam kemampuan untuk memaafkan orang lain, tetapi kamu mungkin jauh lebih keras pada diri sendiri.

Setiap orang membuat kesalahan, tetapi belajar bagaimana belajar dari kesalahan ini, melepaskan, melanjutkan, dan memaafkan diri sendiri penting untuk kesehatan mental dan kesejahteraan hidup seseorang seterusnya.

Walaupun kelihatannya sulit, melepaskan rasa bersalah dan malu adalah bagian penting untuk bangkit dari kesalahan atau rasa malu. Bahkan jika kita tidak dapat mengubah cara orang lain bereaksi terhadap suatu situasi, kita selalu dapat mengubah pandangan kita sendiri.

Berikut merdeka.com merangkum cara memaafkan diri sendiri dan manfaatnya bagi kesehatan mental, ampuh damaikan batin melansir dari laman Oprah Mag:

Baca Selanjutnya: Tidak apa-apa untuk merasa bersalah...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini