Cara Kerja Panel Surya Beserta Komponennya, Ketahui Selengkapnya

Kamis, 17 September 2020 09:30 Reporter : Ani Mardatila
Cara Kerja Panel Surya Beserta Komponennya, Ketahui Selengkapnya panel surya. ©REUTERS/Regis Duvignau

Merdeka.com - Tenaga surya adalah sumber energi yang luar biasa. Rata-rata, setiap meter persegi permukaan bumi menerima 164 watt energi matahari. Dengan kata lain, Anda bisa memasang lampu meja yang sangat kuat (150 watt) di setiap meter persegi permukaan bumi dan menerangi seluruh planet dengan energi matahari.

Atau, dengan kata lain, jika kita menutupi satu persen gurun Sahara dengan panel surya, kita bisa menghasilkan listrik yang cukup untuk memberi daya ke seluruh dunia. Itulah hal baik tentang tenaga surya: ada banyak sekali, jauh lebih banyak daripada yang bisa kita gunakan. Tapi ada sisi negatifnya juga.

Energi yang dikirim matahari tiba di bumi sebagai campuran cahaya dan panas. Keduanya sangat penting, cahaya membuat tanaman tumbuh, memberi kita makanan, sementara panas membuat kita cukup hangat untuk bertahan hidup, tetapi kita tidak dapat menggunakan cahaya atau panas matahari secara langsung untuk menjalankan televisi atau mobil.

Kita harus menemukan cara untuk mengubah energi matahari menjadi bentuk energi lain yang dapat kita gunakan dengan lebih mudah, seperti listrik. Dan itulah yang dilakukan sel surya pada panel surya:

Baca Selanjutnya: Apa itu Sel Surya?...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini