Apa itu Gabut? Ketahui Pengertian dan Cara Mengatasinya

Rabu, 17 Agustus 2022 15:00 Reporter : Muhammad Farih Fanani
Apa itu Gabut? Ketahui Pengertian dan Cara Mengatasinya ilustrasi buku. ©2022 Merdeka.com/pixabay

Merdeka.com - Apa itu gabut mungkin menjadi salah satu pertanyaan yang banyak ditanyakan oleh orang-orang. Pasalnya istilah itu adalah istilah baru diciptakan oleh anak-anak muda gaul zaman sekarang. Hal ini tentu akan menimbulkan kebingungan bagi generasi tua atau terdahulu yang tidak mengikuti tren dan mempertanyakan perihal apa itu gabut.

Meskipun demikian, gabut adalah salah satu kata yang sering diucapkan oleh orang-orang. Mungkin banyak dari mereka yang sudah mengerti dan menggunakannya dalam percakapan sehari-hari. Akan tetapi, tidak semua orang mengetahui makna yang sebenarnya dari gabut.

Berikut Merdeka.com rangkum penjelasan tentang apa itu gabut, yang berisi tentang maksud dan asal-usul kata gabut yang bisa Anda ketahui.

2 dari 3 halaman

Apa itu Gabut?

Gabut adalah istilah bahasa gaul yang kerap diucapkan oleh anak muda zaman sekarang. Namun, apakah Anda mengerti arti sebenarnya dari kata gabut. Gabut adalah singkatan dari kata gaji buta. Gabut adalah istilah yang kerap digunakan dalam konteks pekerjaan.

Seseorang yang mendapatkan pekerjaan atau tanggung jawab tertentu dan tidak mengerjakan pekerjaannya, akan tetapi tetap mendapatkan gaji, itu adalah orang yang dimaksud dengan gaji buta atau gabut.

Namun, seiring dengan berjalannya waktu, gabut memiliki arti yang berbeda. Gabut diartikan sebagai perwakilan atau representasi dari perasaan seseorang ketika sedang tidak melakukan apapun atau bingung hendak melakukan aktivitas apa. Hal ini tentu berbeda jauh dengan makna atau arti gabut yang sebenarnya.

Selain itu, gabut juga kerap dikonotasikan negatif karena gabut juga merepresentasikan sebuah aktivitas manusia yang tidak berguna dan tidak ingin mengerjakan apa saja. Selain itu, gabut juga biasanya dipakai oleh orang-orang ketika ia sedang bermalas-malasan dan cepat bosan.

Dalam konteks masa kini, orang-orang lebih bisa menerima pengertian gabut versi terbaru. Yaitu sebuah kata yang mencerminkan perilaku seseorang yang tidak melakukan apa-apa dan senang bermalas-malasan. Arti gabut yang seperti itu tentu merupakan sebuah kata yang perlu untuk diantisipasi.

3 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Gabut

Mengingat arti gabut yang sudah berubah dan berkonotasi sebagai sebuah kata yang mengartikan seseorang yang tidak melakukan aktivitas apapun, maka gabut adalah sebuah hal yang perlu untuk diantisipasi. Ada berbagai macam cara untuk mengantisipasi gabut. Berikut cara mengatasi gabut:

1. Mendengarkan Musik

Cara mengatasi gabut yang pertama dengan mendengarkan musik favorit. Mendengarkan musik favorit ini biasanya akan membuat mood kembali membaik dan secara tidak langsung akan berdampak pada semangat kita.

Hal ini tentu akan membuat kita bisa terhindar dari rasa gabut yang menyebalkan. Jika Anda merasakan gabut di rumah, pertimbangkan untuk mendengarkan musik favorit Anda.

2. Membaca Buku

Langkah kedua untuk mengatasi gabut dengan membaca buku favorit. Buku adalah salah satu instrumen yang sangat ampuh untuk mengusir rasa kebosanan. Dengan membaca buku favorit maka otak akan dipaksa untuk bekerja dan memikirkan sesuatu. Maka dari itu, perasaan gabut dalam diri akan segera hilang.

3. Mencari Motivasi Diri

Langkah ketiga yang perlu dilakukan untuk mengusir gabut dari dalam diri dengan mencari motivasi diri. Hal ini tentu sesuatu yang sulit, karena biasanya orang gabut adalah orang yang sedang tidak memiliki motivasi. Akan tetapi, dengan mencari motivasi diri maka diharapkan perasaan gabut akan segera musnah. Maka dari itu, paksa diri Anda untuk mencari motivasi diri.

4. Melakukan Hobi

Jika tiga hal di atas tidak mampu membuat Anda terhindar dari perasaan gabut, maka yang perlu Anda lakukan adalah menjalankan hobi Anda. setiap orang pasti memiliki hobi, dan hobi tentu sangat mampu mengusir perasaan gabut.

Hobi bisa bermacam-macam, mulai dari bermain musik, bermain dengan hewan peliharaan, berolahraga, dan bermain game. Lakukan semua hal yang membuat Anda bisa terhindar dari perasaan gabut.

5. Berbicara dengan Keluarga

Langkah inilah yang kerap dilupakan oleh generasi muda ketika mereka sedang berusaha untuk terhindar dari perasaan gabut. Padahal, berkumpul dengan keluarga adalah salah satu cara yang sangat efektif untuk mengusir perasaan gabut.

Keluarga adalah orang yang paling dekat dengan Anda. Ketika Anda bisa mendekatkan diri dengan keluarga dan berbicara dengan mereka, maka Anda akan menemukan hal baru dan bisa menghindarkan diri dari perasaan gabut.

6. Keluar Rumah

Gabut memang membuat diri menjadi malas, akan tetapi memaksakan diri untuk keluar rumah mungkin bisa menjadi solusinya. Di luar rumah, Anda akan menemukan hal-hal lain yang tidak membosankan. Pergi ke kafe misalnya, Anda bisa melihat orang lain berlalu lalang dan itu bisa jadi akan membuat perasaan Anda menjadi lebih tenang.

[mff]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini