Tak Hanya Kucing dan Anjing, 7 Hewan Peliharaan Ini Bisa Jadi Teman di Rumah

Jumat, 15 Juli 2022 16:30 Reporter : Muhammad Farih Fanani
Tak Hanya Kucing dan Anjing, 7 Hewan Peliharaan Ini Bisa Jadi Teman di Rumah Hewan Peliharaan Selain Kucing dan Anjing. ©2022 Merdeka.com/pixabay

Merdeka.com - Memiliki hewan peliharaan merupakan hal yang menyenangkan. Hewan peliharaan bisa menemani kita ketika di rumah dan bahkan menjaga rumah dari berbagai macam ancaman yang menakutkan hingga menggelikan. Akan tetapi, sebagian besar orang masih memutuskan untuk memelihara kucing dan anjing.

Kedua hewan itu hingga kini masih menjadi primadona sebagai hewan peliharaan. Kucing biasanya dipelihara karena bentuk dan tingkahnya yang lucu, selain itu, kucing juga berguna untuk mengusir tikus di rumah. Sedangkan anjing dipelihara selain karena tingkahnya yang lucu, juga dipelihara karena bisa menjaga rumah dari hal-hal asing.

Sebetulnya, masih banyak hewan peliharaan selain kucing dan anjing yang bisa dirawat di rumah. Hewan-hewan ini juga tidak kalah lucu. Mereka bisa bertingkah seperti hewan yang menggemaskan dan bahkan tidak terlalu membutuhkan banyak perawatan yang intens.

Berikut ini merdeka.com akan merangkum beberapa hewan peliharaan selain kucing dan anjing yang bisa dirawat di rumah dilansir dari berbagai sumber.

2 dari 4 halaman

1. Hamster

hewan peliharaan selain kucing dan anjing
©2022 Merdeka.com/pixabay

Hewan peliharaan selain kucing dan anjing yang pertama adalah hamster. Hewan ini memiliki bentuk yang lucu dan berbulu. Bentuknya yang kecil dan tingkahnya yang menggemaskan membuat hamster menjadi salah satu hewan peliharaan selain kucing dan anjing yang paling recomended.

Selain itu, hamster juga tidak terlalu sukar untuk dirawat. Hamster tidak membutuhkan tempat yang luas untuk kandangnya. Hal itu karena hamster memiliki ukuran yang kecil dan mungil. Anda bisa memilih hamster sebagai salah satu hewan peliharaan di rumah.

2. Landak Mini

hewan peliharaan selain kucing dan anjing
©2022 Merdeka.com/pixabay

Selanjutnya, hewan peliharaan selain kucing dan anjing yang bisa Anda rawat di rumah adalah landak mini. Landak mini ini bukan seperti landak besar pada umumnya. Seperti namanya, landak mini memiliki bentuk yang lebih mungil.

Bentuknya itu membuat landak mini tidak terlalu berbahaya seperti landak besar. Namun, meskipun begitu, Anda juga masih harus tetap berhati-hati ketika memegang landak mini. Bukan tidak mungkin Anda masih bisa tertusuk duri-duri kecilnya.

3 dari 4 halaman

3. Sugar Glider

 hewan peliharaan selain kucing dan anjing

©2022 Merdeka.com/pixabay

Sugar glider merupakan jenis hewan peliharaan selain kucing dan anjing yang juga sangat menggemaskan ketika dirawat. Hewan ini dari namanya memang terdengar asing, akan tetapi, Anda bisa merawat hewan ini di rumah karena bentuknya yang lucu dan menggemaskan.

Uniknya, sugar glider mempunyai kemampuan melebarkan tubuhnya sendiri dan melayang dengan jarak yang cukup jauh. Makanan sugar glider adalah sesuatu yang manis seperti buah-buahan. Selain itu, ia juga bisa menjaga kebersihan tubuhnya sendiri, jadi Anda tidak perlu repot-repot untuk memandikannya.

4. Iguana

hewan peliharaan selain kucing dan anjing

©2022 Merdeka.com/pixabay

Dari penampilannya, iguana merupakan hewan yang terlihat sangat mengerikan. Bentuknya memang seperti predator, akan tetapi iguana adalah hewan yang sangat jinak. Terlebih iguana yang berwarna hijau. Diketahui, iguana hijau merupakan jenis iguana yang sangat jinak.

Iguana biasanya makan serangga, ulat bulu, sayur-sayuran, dan biji-bijian. Untuk perawatan iguana sendiri, Anda harus memberikan sirkulasi udara yang baik pada iguana supaya ia bisa hidup dengan sehat. Dengan begitu, iguana bisa menjadi salah satu hewan peliharaan selain kucing dan anjing yang bisa Anda rawat di rumah.

5. Guinea Pig

hewan peliharaan selain kucing dan anjing

©2022 Merdeka.com/pixabay

Hewan peliharaan selain kucing dan anjing yang bisa Anda pilih selanjutnya adalah guinea pig. Hewan ini memang terdengar asing, akan tetapi bentuknya yang mungil akan membuat Anda jauh hati kepada guinea pig.

Dari segi perawatan, hewan ini tidak terlalu membutuhkan perawatan yang ekstra. Selain itu, guinea pig juga tidak membutuhkan tempat yang terlalu besar.selain itu, makanan yang dikonsumsi oleh guinea pig juga tidak terlalu banyak.

4 dari 4 halaman

6. Otter

hewan peliharaan selain kucing dan anjing

©2022 Merdeka.com/pixabay

Hewan peliharaan ini bisa disebut juga sebagai berang-berang. Otter merupakan hewan peliharaan selain kucing dan anjing yang bisa dijadikan teman di rumah. Hewan ini memiliki kemampuan berenang yang pandai selain itu, otter juga memiliki karakteristik yang manja.

Sebagai hewan peliharaan selain kucing dan anjing, otter juga suka bermain sebagaimana kedua hewan tersebut. Ia suka sekali main di air. Maka dari itu sebaiknya Anda sediakan sebuah kolam supaya otter bisa bermain di kolam yang rumah Anda.

7. Ular Ball Python

hewan peliharaan selain kucing dan anjing

©2022 Merdeka.com/pixabay

Terakhir, hewan peliharaan selain kucing dan anjing yang bisa Anda pelihara adalah ular. Iya, ular. Tapi, ular jenis ini adalah ular jinak dan tidak berbahaya. Ular ini adalah Ball Python. Dinamakan ball python karena ketika terancam, alih-alih dia menyerang, ular ini justru akan menyembunyikan kepalanya dan membentuk badannya seperti bola.

Ball python juga tidak membutuhkan perawatan yang ekstra. Karena hawa di Indonesia tidak jauh berbeda dengan suhu di habitat asli ular tersebut yaitu Afrika. Anda bisa memelihara ular ini sebagai hewan peliharaan selain kucing dan anjing di rumah.

Demikian adalah 7 hewan peliharaan selain kucing dan anjing yang bisa dirawat di rumah. Anda dapat memutuskan untuk memelihara salah satunya ketika Anda tidak ingin memelihara kucing dan anjing. Pasalnya, ketujuh hewan di atas juga tidak kalah lucu dari kucing dan anjing. Selain itu, perawatan tujuh hewan di atas juga tidak terlalu sulit. 

[mff]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini