6 Cara Menghilangkan Bulu Ketiak Secara Permanen, Alami dan Praktis

Rabu, 25 Maret 2020 16:45 Reporter : Ayu Isti Prabandari
6 Cara Menghilangkan Bulu Ketiak Secara Permanen, Alami dan Praktis Ilustrasi ketiak putih. ©2014 Merdeka.com/Shutterstock/Maridav

Merdeka.com - Bulu ketika merupakan salah satu bagian tubuh yang tumbuh di bawah ketiak atau antara lengan dan dada. Tumbuhnya bulu di bagian tubuh ini memang mempunyai kegunaan tersendiri.

Seperti melindungi kulit ketiak dari bakteri hingga racun atau zat-zat kimia dari berbagai produk kecantikan. Meskipun demikian, keberadaan bulu ketiak ini cukup mengganggu bagi sebagian besar orang. Terutama yang memiliki bulu ketiak lebat.

Bulu yang tumbuh lebat di bawah ketiak memang sering kali mengganggu penampilan. Tidak jarang, bulu ini membuat kondisi sekitar ketiak lebih mudah lembap dan berkeringat ketika cuaca sedang panas.

Sehingga sering kali terlihat keringat yang menembus kain baju bagian lengan. Tentu kondisi ini sangat tidak nyaman, bahkan tidak sedikit orang yang menjadi kurang percaya diri jika mengalami hal ini.

Bagi Anda yang mempunyai masalah ini, tidak perlu khawatir. Anda bisa menghilangkan bulu ketiak ini secara permanen dengan menggunakan bahan alami yang aman dan praktis.

Dilansir dari liputan6.com, berikut beberapa cara menghilangkan bulu ketiak secara permanen dengan bahan alami yang bisa Anda coba di rumah.

1 dari 6 halaman

Jeruk Nipis

ilustrasi jeruk nipis

Unsplash

Cara menghilangkan bulu ketiak secara permanen yang pertama adalah dengan menggunakan jeruk nipis. Jeruk nipis mempunyai kandungan vitamin C yang bisa mencerahkan warna kulit ketiak yang menghitam. Bukan hanya itu, kandungan ini juga dipercaya dapat merontokkan atau menghilangkan bulu ketiak.

Untuk mendapatkan manfaat dari buah ini, Anda cukup mengambil 1 buah jeruk nipis yang bagus. Kemudian potong jeruk nipis menjadi dua bagian yang sama. Lalu gunakan satu potongan jeruk nipis untuk digosokkan ke area kulit ketiak hingga merata.

Lakukan hal yang sama pada bagian ketiak satu lagi dengan potongan jeruk nipis yang belum digunakan. Anda bisa melakukan cara ini sebagai pengganti deodorant secara rutin setiap hari.

2 dari 6 halaman

Lemon dan Mentimun

lemon

2020 Merdeka.com/www.pixabay.com

Lemon dan mentimun juga masuk dalam salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan bulu ketiak. Cara menghilangkan bulu ketiak dengan bahan ini sangat mudah. pertama, Anda bisa menghaluskan buah mentimun dengan parut secukupnya.

Setelah itu, Anda bisa memotong 1 buah lemon dan memeras airnya. Kemudian, campurkan air perasan lemon tersebut dengan timun yang sudah dihaluskan.

Aduk hingga rata sempurna. Lalu oleskan pada bagian ketiak dengan merata. Diamkan selama 15 menit, kemudian bersihkan dengan air hangat.

3 dari 6 halaman

Kapur Sirih

Cara menghilangkan bulu ketiak secara permanen berikutnya bisa dengan memanfaatkan kapur sirih. Kapur sirih mempunyai kandungan kavinol, karkavol, kadinen dan zat samak yang sangat bermanfaat untuk kesehatan dan perawatan kecantikan kulit.

Kandungan ini dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan bulu ketiak serta mencerahkan warna kulit ketiak yang menghitam.

Untuk mendapatkan khasiat ini, Anda bisa mencampurkan 1 sendok makan kapur sirih dengan air lemon hingga terbentuk adonan pasta.

Setelah itu, oleskan pada bagian ketika yang sudah dibersihkan sebelumnya. diamkan selama kurang lebih 30 menit. Jika sudah mengering, bilas dengan bersih menggunakan air hangat.

Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, sebaiknya lakukan konsultasi dulu dengan dokter. Sebab, beberapa kandungan dalam kapur sirih ini bisa menyebabkan sensasi panas pada kulit yang sensitif.

4 dari 6 halaman

Lemon, Gula dan Madu

madu hitam

2020 Merdeka.com

Lemon masih menjadi bahan alami pilihan sebagai cara untuk menghilangkan bulu ketiak secara permanen. Namun cara yang satu ini, Anda bisa mencampurkan dengan gula dan madu.

Campuran bahan gula bisa menjadi bahan scrub untuk membersihkan kulit ketiak dari kotoran. Sedangkan madu mempunyai sifat antibakteri yang bisa menghilangkan berbagai bakteri yang terdapat di sekitar area ketiak.

Jika Anda tertarik untuk mencoba ramuan ini, Anda cukup mencampurkan 1 sendok makan gula pasir dengan 1 sendok makan madu dan 1 sendok makan air perasan lemon. Campurkan hingga semua bahan merata sempurna.

Kemudian oleskan pada bagian ketiak hingga rata. Diamkan selama 30 menit. Bersihkan dengan menggunakan kain hangat dengan melakukan gerakan memutar berlawanan arah dengan pertumbuhan bulu ketiak.

5 dari 6 halaman

Kunyit

manfaat kunyit

2020 Merdeka.com

Bahan alami selanjutnya yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bulu ketiak secara permanen adalah kunyit. Kunyit mempunyai kandungan minyak volatile yang berfungsi sebagai anti-inflamasi.

Selain itu kandungan kurkumin juga berguna sebagai anti-oksidan yang mampu menetralkan radikal bebas yang masuk atau menempel pada tubuh. Bukan hanya itu, bahan kunyit juga dapat digunakan untuk mencerahkan kulit ketiak yang menggelap.

Untuk melakukan cara ini, Anda bisa mengambil 2 sendok makan bubuk kunyit atau 2 ruas jari kunyit yang sudah dihaluskan. Kemudian campurkan dengan air hingga terbentuk adonan seperti pasta.

Oleskan pada kulit ketiak secara merata. Diamkan selama kurang lebih 30 menit hingga mengering. Lalu bilas dengan air hangat hingga bersih. Anda bisa melakukan cara ini rutin setiap hari.

6 dari 6 halaman

Pepaya Muda, Kunyit dan Lidah Buaya

ilustrasi pepaya muda

Shutterstock.com/somchai rakin

Cara menghilangkan bulu ketiak secara permanen yang terakhir bisa menggunakan papaya muda, kunyit dan lidah buaya. Papaya muda mempunyai kandungan papain yang mampu mencegah pertumbuhan rambut pada ketiak.

Sedangkan kunyit dan lidah buaya mempunyai kandungan khusus yang bermanfaat untuk menyehatkan kulit serta mampu memudarkan warna gelap pada kulit ketiak.

Jika Anda tertarik membuat ramuan ini, Anda bisa mencampurkan sendok makan bubuk kunyit atau parutan kunyit dengan buah papaya muda yang sudah dihaluskan dan 4 sendok makan lidah buaya. Aduk hingga membentuk adonan yang tercampur rata.

Oleskan pada area ketiak. Tunggu selama 30 menit, lalu bersihkan menggunakan kain hangat dengan memberikan gerakan memutar berlawanan arah dengan pertumbuhan bulu ketiak. Anda bisa melakukan cara ini 3 kali dalam seminggu sesudah mandi.

[ayi]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini