6 Wisata Kuliner Belitung yang Wajib Dicoba, Murah dan Legendaris

Jumat, 20 Mei 2022 06:30 Reporter : Ani Mardatila
6 Wisata Kuliner Belitung yang Wajib Dicoba, Murah dan Legendaris Belitung. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Belitung menjadi salah satu pulau di Indonesia yang tak perlu dipertanyakan lagi keindahannya. Pesona wisata bahari Belitung menghipnotis berbagai wisatawan lokal maupun mancanegara.

Selain wisata alam, yang tak kalah menarik dari pulau Belitung adalah wisata kulinernya. Wisata kuliner Belitung akan melengkapi perjalananmu berpetualang di Pulau Belitung.

Nah, apa saja kira-kira wisata kuliner Belitung yang bisa kamu cicipi dan nikmati? Berikut merdeka.com merangkum ragam wisata kuliner Belitung yang wajib dicoba:

2 dari 3 halaman

Mie Belitung

Wisata kuliner Belitung yang cukup populer adalah mie belitung. Sedangkan tempat yang direkomendasikan untuk membeli mie belitung yaitu Mie Belitung Atep di Tanjung Pandan, tepatnya di jalan Sriwijaya No.27, Parit.

Saking terkenalnya mie belitung ini, banyak artis ibu kota yang sudah berkunjung ke kedai mie Belitung tersebut. Sebut saja Rano Karno, Bondan Winarno, hingga Tukul. Mie Belitung Atep sudah berdiri sejak 1973 ini memang terkenal dengan rasanya yang otentik.

Mie disajikan dengan kentang, ketimun, udang, keripik emping yang terendam dalam kuah kental yang menggugah selera.

Nasi Bedulang

Wisata kuliner Belitung berikutnya yang sayang dilewatkan yaitu nasi bedulang. Yang unik dari nasi bedulang bukan hanya makanannya, namun seseorang juga diharap menyantapnya ala orang Belitung.

Nasi bedulang sendiri adalah nasi yang disajikan di tampah dan ditutup tudung saji, berisi beraneka lauk pauk seperti oseng kentang buncis, teri, sambal, otak-otak goreng dan masih banyak lainnya.

Asal dari keunikan penyajian nasi bedulang berasal dari tradisi makan bersama di Belitung yang menunjukkan kehangatan kebersamaan keluarga.

Ketika berkunjung ke Belitung dan ingin mencicipinya, kamu bisa membelinya di Rumah Makan Belitong Timpo Duluk yang terletak di Jalan Lettu Mad Daud nomor 22, Parit, Kecamatan Tanjung Pandan.

Berdiri sejak tahun 1918, rumah makan tersebut dihias dengan interior vintage serasa di rumah sendiri dan cocok untuk foto bersama.

3 dari 3 halaman

Sup Ikan Gangan

Wisata kuliner Belitung berikutnya yaitu sup ikan ala Belitung yaitu sup Gangan. Sup ini memiliki kuah berwarna kuning karena dimasak dengan kunyi dan lengkuas. Selain menambah kekayaan rasa, kunyit dan lengkuas juga menyamarkan bau ikan.

Kamu bisa membeli sup ikan gangan di Rumah Makan Gangan Sari, tepatnya di jalan Irian II, Tanjung Pandan, Kecamatan Tanjung Pandan. Kamu bisa mencicipinya satu porsi dengan merogoh kocek Rp27.000 rupiah.

Menariknya kamu juga bisa memesan tingkat kepedasan sup sesuai seleramu sehingga tidak takut terlalu pedas atau kurang pedas.

Suto Belitung

Wisata kuliner Belitung selanjutnya yaitu suto Belitung. Bisa ditebak dari namanya, suto Belitung adalah soto khas Belitung. Suto ini sekilas tampilannya lebih mirip seperti ketupat sayur.

Suto Belitung dibuat dari kaldu udang dan iga sapi yang dipadukan dengan santan sehingga menghasilkan aroma harum dan rasa yang gurih. Sedangkan isiannya sendiri yaitu irisan lontong, bihun, emping, serta kentang rebus.

Salah satu tempat membeli suto Belitung yang cukup terkenal yaitu Kedai Mak Jannah yang terletak di Parit, Kecamatan Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung. Satu porsinya dibanderol mulai dari Rp20.000 rupiah.

Rumah Makan Diva

Rumah Makan Diva merupakan wisata kuliner Belitung yang bisa kamu datangi. Rumah Makan Diva menyajikan menu yang lezat. Salah satu menu andalan dan terkenal kelezatannya yaitu nasi goreng ikan asin serta mihun goreng ayamnya.

Sejak didirikan lebih dari sembilan tahun yang lalu, rumah makan yang terletak di jantung Tanjung Pandan, ibu kota Pulau Belitung ini menjadi favorit masyarakat setempat.

Warung Kopi Ake

Warung Kopi Ake bisa jadi wisata kuliner Belitung yang wajib dikunjungi. Warung Kopi Ake menjadi warkop tertua dan legendaris di Belitung. Wisata kuliner Belitung yang satu ini sudah ada sejak 1921. 

Ya, Berkunjung ke Belitung terasa tak lengkap tanpa menikmati suasana kedai kopi setempat. Rasa es kopi susu itu tak seperti kopi susu kekinian. Perbedaannya terletak pada serbuk kopi halus yang masih terasa. 

Warung Kopi Ake berada di Kompleks KV.Senang no 17, Parit, Kec. Tj. Pandan, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung 33411. Tutup hingga jam 12 malam.  [amd]

Baca juga:
Beda dari Kuliner Madura Lain, Cita Rasa Bongko Arosbaya Ini Bikin Ketagihan
Jualan Ketupat Tahu Ramai Beromzet Rp1 Juta/Hari, Wanita Ini Cerita Sering Dicurigai
Peristiwa 13 Mei: Hari Hummus Internasional, Berikut Sejarah dan Perayaannya
Resep Kuliner Belitung yang Khas dan Enak, Patut Dicoba
Bangkitnya Penjual Manisan Cianjur Usai Dua Tahun Pandemi, Sehari Kantongi Rp10 Juta
Manjakan Mata, Masjid Al Kamil Hadirkan View Indah Waduk Jatigede dari Ketinggian

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini