29 Daerah di Sumut Sudah Bisa Vaksin Booster, Ini Persyaratannya

Kamis, 13 Januari 2022 20:05 Reporter : Fatimah Rahmawati
29 Daerah di Sumut Sudah Bisa Vaksin Booster, Ini Persyaratannya 1.000 buruh disuntik vaksin Covid-19. ©Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Sebanyak 29 kabupaten/kota di Sumatra Utara (Sumut) kini sudah bisa melaksanakan vaksinasi Covid-19 penguat (booster). Setelah sebelumnya, hanya ada 11 kabupaten/kota di daerah ini yang dinyatakan memenuhi syarat pelaksanaan vaksinasi.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Sumut Ismail Lubis di Medan pada Kamis (13/1).

"Sebelumnya hanya 11 kabupaten dan kota. Sekarang sudah 29 kabupaten dan kota di Sumut yang bisa melaksanakan vaksinasi booster," kata Ismail.

Melansir dari ANTARA, berikut syarat mengikuti vaksinasi booster selengkapnya.

2 dari 3 halaman

Persyaratan Vaksinasi Booster

Ismail mengatakan, sesuai petunjuk teknis yang diterima dari Kemenkes, vaksinasi booster ini gratis dan diperuntukkan untuk masyarakat. Dengan kategori usia di atas 18 tahun ke atas. Jarak antara vaksinasi sebelumnya minimal 6 bulan.

"Bagi masyarakat Sumut, jika sudah divaksin dosis satu dan dua lebih enam bulan, maka kami anjurkan untuk booster terutama lansia," ujarnya.

Pelaksanaan vaksinasi booster ini sudah mulai bisa dilakukan di seluruh Faskes Puskesmas dan Rumah Sakit Rujukan. Sementara ini, vaksin yang tersedia adalah vaksin Pfizer.

Saat ini yang lebih diutamakan untuk vaksin booster yakni lansia, namun bagi masyarakat umum yang ingin vaksin tetap akan dilayani.

3 dari 3 halaman

Perkembangan Kasus Covid-19 di Sumut

Untuk perkembangan kasus Covid-19 di Sumut sendiri, saat ini pasien yang masih terinfeksi dan menjalani isolasi hingga 12 Januari tersisa 45 orang. Angka ini terus mengalami penurunan.

Menurut data Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, per 12 Januari 2022, pasien positif bertambah dua orang, sembuh bertambah dua orang dan nihil penambahan kasus kematian.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut hingga saat ini juga masih mengejar vaksinasi untuk lansia dan anak.

Dari perkembangan kasus harian tersebut, maka total kasus positif Covid-19 di Sumut secara kumulatif menjadi 106.142, angka kesembuhan bertambah jadi 103.201 dan meninggal dunia 2.896 orang.

Sementara secara nasional, jumlah kasus terkonfirmasi Covid-19 per 12 Januari bertambah 646 kasus, sehingga akumulasinya menjadi 4.268.097 kasus.

[Tys]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini