Sejumlah Hal yang Penting Diketahui Orangtua dalam Pemberian MPASI Anak

Rabu, 30 Juni 2021 09:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Sejumlah Hal yang Penting Diketahui Orangtua dalam Pemberian MPASI Anak ilustrasi bayi makan. ©shutterstock/niderlander.com

Merdeka.com - Air Susu Ibu merupakan makanan pokok bagi bayi yang berperan sangat penting demi masa mendatang. Bagi terbentuknya anak yang tangguh di masa mendatang, selain ASI, makanan pendamping ASI (MPASI) juga memiliki andil yang tidak kalah luar biasa.

DR dr Tan Shot Yen,M.hum, pakar gizi yang menyelesaikan pendidikan Profesi Kedokteran Negara FKUI di tahun 1991 tersebut mengatakan bagi seorang ibu, memberikan makanan pendamping ASI (MPASI) merupakan sebuah perjalanan berharga yang tak akan bisa diulang.

"Di situ ibu bertumbuh dan anak pun tentu saja bertumbuh," kata dr Tan beberapa waktu lalu dilansir dari Antara.

Menyiapkan MPASI, kata dr Tan, tak harus dilakukan dengan mewah dan berlebihan. Tak perlu dibedakan menu sang bayi dan menu keluarga.

"Apa yang dimakan orangtua ya itu yang dimakan bayi, misal hari ini menu di rumah sayur labu ya bayinya beri labu juga, cuma pengolahannya dipisah," jelasnya.

MPASI rumahan alias homemade baik untuk perkembangan anak.

"Anak bisa merasakan makanan item demi item secara utuh, jadi kalau ada hati ayam, wortel, tempe, maka anak merasakan makanan yang sesungguhnya alih-alih yang pabrikan. Bonusnya, saat anak belajar makan, MPASI rumahan membuat anak lebih mudah mengunyah karena tekstur bisa diikuti oleh ibunya," kata dia.

Baca Selanjutnya: Menu MPASI yang Tepat...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini