Rosemary, tanaman cantik yang kaya akan manfaat kesehatan

Senin, 20 Oktober 2014 12:39 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Rosemary, tanaman cantik yang kaya akan manfaat kesehatan Ilustrasi rosemary. Ilustrasi rosemary

Merdeka.com - Rosemary memang tidak terlalu populer di Indonesia. Namun keberadaan tanaman yang berasal dari daerah Mediterania ini mulai masuk ke Indonesia lewat makanan barat yang saat ini banyak bermunculan.

Sudah sejak lama rosemary dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan selain mampu memberikan aroma dan rasa yang lezat pada makanan. Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari segarnya rosemary yang wajib untuk Anda ketahui.

  • Rosemary bermanfaat untuk meredakan nyeri otot, meningkatkan sistem peredaran darah, serta memperkuat memori karena rosemary adalah sumber zat besi, kalsium, dan vitamin B6 yang baik.
  • Rosemary merupakan sumber zat anti-oksidan dan anti-inflamasi sehingga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menetralkan radikal bebas yang menyerang DNA.
  • Penelitian menunjukkan bahwa rosemary dapat menunda kanker. Sebab rosemary mengandung dua senyawa kimia utama yaitu carnosic dan rosmarinic yang mampu menghambat produksi sel kanker seperti kanker prostat, kanker paru-paru, dan kanker payudara. Rosemary juga dapat mengurangi resistensi terhadap obat kemoterapi.
  • Rosemary mampu meningkatkan memori dan kinerja kognitif Anda. Sebab senyawa di dalam rosemary mampu mencegah pemecahan asetilkolin, zat kimia yang merangsang sel-sel otak untuk peningkatan memori dan penalaran.
  • Rosemary mengandung zat anti-bakteri yang dapat membersihkan darah dan menghambat pertumbuhan bakteri patogen tanpa merusak bakteri menguntungkan dalam tubuh.
  • Minyak rosemary mampu meringankan rasa sakit dari gangguan pencernaan dan kram akibat menstruasi.
  • Selain itu, minyak rosemary juga bermanfaat untuk mengobati masalah kulit seperti eksim dan masalah sendi seperti arthritis.

Itulah beberapa manfaat menyehatkan dari rosemary. Anda pun bisa memasukkan ke dalam daftar tips sehat nan herbal yang bisa Anda coba. [feb]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini