Penyebab Munculnya Rasa Gatal saat Menstruasi serta Cara Mengatasinya

Jumat, 4 Juni 2021 16:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Penyebab Munculnya Rasa Gatal saat Menstruasi serta Cara Mengatasinya Ilustrasi Area Kewanitaan. ©Deposit Photo

Merdeka.com - Pada saat wanita tengah menstruasi, terdapat sejumlah masalah yang mungkin dia alami. Perubahan yang terjadi pada hormon di tubuh ini bisa menyebabkan terjadinya berbagai macam hal baik secara fisik maupun mental.

Pengurus Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI), Prof. Dr. dr. Dwiana Ocviyanti mengatakan, munculnya rasa gatal di area kewanitaan saat menstruasi biasanya karena sejumlah hal, misalnya kelembapan dan iritasi. Saat seorang wanita haid, dia akan mengeluarkan darah selama beberapa hari, biasanya 3-7 hari. Tak hanya darah, ada juga lendir yang keluar secara periodik.

Kondisi ini tak menganggu kesehatan bila wanita itu berada dalam kondisi sehat. Lalu, untuk mengatasi rasa gatal yang muncul, sebagai langkah awal, cobalah untuk mengganti pembalut sesering mungkin atau setidaknya 3-4 jam sekali. Menurut Dwiana, lebih baik lagi apabila para wanita bisa menggantinya saat pembalut terasa sudah basah meskipun baru 1-2 jam.

"Ada beberapa penyebab rasa gatal tersebut, yang paling sering karena kelembapan saat haid. Coba lebih sering mengganti pembalut, saat siang sedapatnya 3-4 jam sekali atau setiap saat terasa pembalut sudah basah agar tidak lembap dan mengiritasi," terangnya beberapa waktu lalu dilansir dari Antara.

Baca Selanjutnya: Cara Mengatasi Rasa Gatal yang...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini