Nekat Olahraga Tanpa Menghapus Makeup, Berikut Sejumlah Dampak yang Dialami Wajahmu

Sabtu, 18 September 2021 06:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Nekat Olahraga Tanpa Menghapus Makeup, Berikut Sejumlah Dampak yang Dialami Wajahmu Ilustrasi olahraga. ©2018 Merdeka.com/Pexels

Merdeka.com - Banyak wanita yang ingin terlihat cantik pada segala kondisi termasuk pada saat olahraga. Sayangnya, Banyak yang melakukannya dengan cara yang salah.

Sejumlah wanita mencoba berolahraga tanpa terlebih dahulu menghapus makeup mereka. Sayangnya, hal ini bisa menimbulkan masalah kulit terutama ketika dilakukan berulang kali.

Enggan menghapus makeup saat berolahraga ini bisa menimbulkan dampak yang sangat cepat pada kulit. Pasalnya, perpaduan antara makeup dengan keringat bisa menimbulkan kombinasi yang tak tepat.

Sejumlah dampak yang muncul ini bisa sangat mengganggu penampilanmu. Dilansir dari Livestrong, berikut sejumlah dampak yang bisa dialami kulit pada saat berolahraga tanpa menghapus makeup.

2 dari 4 halaman

Pori-Pori Tersumbat

tersumbat rev1

Jika olahraga yang kamu lakukan hanya sebatas berjalan ringan atau peregangan, menggunakan makeup mungkin masih bisa ditoleransi. Namun ketika kamu melakukan olahraga yang membuatmu bersimbah keringat, menggunakan makeup bukanlah ide yang baik.

Lucy Chen, MD pakar kesehatan kulit dari Riverchase Dermatology and Cosmetic Surgery mengatakan bahwa ketika kamu berolahraga, temperatur dalam tubuh meningkat sehingga menyebabkan tubuh berkeringat agar tetap dingin. Kondisi panas di tubuh bisa membuka pori-pori kulit yang bertugas melepaskan minyak dan keringat.

Ketika pori-pori telah terbuka, maka bisa terjadi penyumbatan akibat bakteri atau kotoran yang sudah menempel di kulit. Pori-pori yang tersumbat ini bisa menyebabkan kemerahan dan iritasi, tergantung seberapa sensitif kondisi kulit.

"Menambahkan makeup pada kondisi ini bisa meningkatkan peluang kulit mengalami efek buruk karena bisa menyiksa kulit dan menutup kelenjar keringat, sehingga debu dan iritan lain terperangkap di dalam pori-pori," terang dr. Chen.

Walau kondisi ini juga bisa terjadi pada bagian tubuh lain, namun pastikan untuk membersihkan wajah terlebih dahulu sebelum berolahraga. Hal ini juga bisa mencegah terjadinya jerawat yang muncul kemudian.

3 dari 4 halaman

Kulit Rentan Berjerawat

berjerawat rev1

Penyumbatan pori yang terjadi akibat makeup biasanya bisa langsung berdampak pada munculnya jerawat. Ketika pori-pori tertutup makeup, bakteri terperangkap dengan sangat cepat pada kelenjar.

Bakteri yang terperangkap ini bisa menyebabkan pori-pori yang terperangkap menginfeksi bagian wajah lain. Kondisi ini kemudian bisa menyebabkan munculnya berbagai jenis jerawat di wajah. Munculnya jerawat ini juga bisa sangat tergantung pada bagian wajah.

"Dahi dan pipi lebih rentan mengalami jerawat karena terdapat kelenjar minyak yang sangat besar di bagian tersebut," terang dr. Chen.

"Kondisi ini menyebabkan jerawat dan peradangan kulit rentan terjadi di situ," sambungnya.

Sebatas pelembap dan tabir surya saja bisa menjadi pilihan yang aman bagi kulit ketika berolahraga. Keduanya bahkan bisa berdampak baik bagi kulit untuk digunakan.

4 dari 4 halaman

Iritasi Mata

rev1

Mata adalah bagian tubuh yang sangat sensitif dan bisa sangat mudah mengalami iritasi dan merah akibat berolahraga dengan makeup. Sama seperti bagian wajah lain, kelopak mata juga memiliki pori-pori yang bertugas melepaskan minyak.

Ketika kamu berolahraga dengan makeup pada kelopak mata, kelenjar ini bisa tersumbat menyebabkan kulit menjadi merah dan kering. Tanpa lubrikasi yang cukup dari minyak alami, air mata bisa menguap dengan cepat yang bisa menyebabkan iritasi mata.

Menggunakan makeup di mata saat berolahraga juga bisa membuatmu rentan mengalami bintil di mata atau bintitan. Tentu saja hal ini sangat mengganggu dan tidak kamu inginkan. [RWP]

Baca juga:
Cegah Tangan Kering, Pastikan Pakai Pelembap Usai Cuci Tangan
Seberapa Sering Sebenarnya Kita Harus Mencuci Handuk Mandi?
Baru Mandi Tapi Malah Gatal, Kok Bisa? Ini Sejumlah Penyebabnya
Cara Aman untuk Bercukur ketika Wajah sedang Berjerawat

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini