Minum kopi turunkan 20 persen risiko kanker prostat

Jumat, 3 Mei 2013 10:34 Reporter : Destriyana
Minum kopi turunkan 20 persen risiko kanker prostat Ilustrasi kopi. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Toshiro Taniguchi

Merdeka.com - Minum kopi setiap hari dapat mengurangi 20 persen risiko terkena kanker prostat. Tetapi, hanya jika seseorang minum kurang dari enam cangkir kopi per hari.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa peminum kopi lebih berisiko mengembangkan tumor dibandingkan mereka yang tidak minum sama sekali, atau hanya beberapa cangkir sehari.

Para ilmuwan menemukan kopi dapat membantu menangkal jenis kanker yang terlokalisasi - jenis kanker yang tumbuh lambat yang terutama terbatas pada prostat - tetapi memiliki efek yang lebih agresif.

Temuan yang dipublikasikan dalam Annals of Oncology, adalah hasil studi terbaru yang bertentangan dengan manfaat kopi sebagai pencegah kanker. Awal tahun ini, sebagaimana dilansir Daily Mail (2/5), para ilmuwan di Belanda juga mengklaim kopi tidak berpengaruh besar pada risiko pria terkena tumor prostat, tetapi teh justru dapat menurunkan risiko lebih dari sepertiganya.

Menariknya, sebuah penelitian di Amerika pada tahun 2011 menemukan bahwa minum enam cangkir kopi sehari atau lebih dapat meningkatkan risiko berkembangnya tumor. Setiap tahun hampir 40.000 kasus kanker prostat didiagnosis di inggris dan 10.000 orang meninggal karena penyakit ini.

Risiko meningkat seiring bertambahnya usia, khususnya pada pria di atas 50 tahun. Kesimpulannya, minum kopi dalam jumlah terbatas dapat mengurangi risiko kanker prostat. Sebaliknya, minum kopi secara berlebihan justru semakin memperbesar kemungkinan terserang kanker ganas. [des]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Kanker Prostat
  3. Manfaat Kopi
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini