Meski sedang tren, 5 jenis diet ini wajib untuk kamu hindari

Senin, 26 September 2016 13:39 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Meski sedang tren, 5 jenis diet ini wajib untuk kamu hindari Ilustrasi makan buah. Shutterstock/michaeljung

Merdeka.com - Ketika sedang membaca artikel tentang gaya hidup, kamu pasti pernah membaca artikel tentang diet-diet yang dipopulerkan oleh para selebriti. Beberapa jenis diet tersebut diklaim bisa membantu selebriti untuk menurunkan berat badan dengan cepat.

Namun, apakah diet trendi ini baik untuk kesehatan tubuh. Berikut adalah penjelasannya.

Diet makanan mentah

Diet untuk mengonsumsi makanan mentah bermula dari pemikiran bahwa proses pemasakan akan merusak zat gizi di dalam makanan. Diet yang mengonsumsi sayuran, buah, kacang-kacangan, dan biji-bijian mentah ini diklaim bisa menurunkan berat badan dengan cepat. Namun, kelemahan terbesar dari diet ini adalah paparan bakteri dan virus yang tersembunyi di dalamnya.

Diet buah-buahan

Aktor Ashton Kutcher termasuk selebriti yang rajin untuk mengikuti diet yang hanya menjadi buah sebagai makanan utamanya. Well, meskipun buah dikemas dengan kaya akan vitamin dan antioksidan, namun buah minim zat protein, karbohidrat, dan lemak yang penting untuk mendukung fungsi tubuh.

Diet bebas gluten

Gluten adalah protein dari makanan bertepung yang bisa meningkatkan berat badan. Nah, saat kamu mengikuti diet ini maka kamu harus membuang semua makanan tersebut dan menggantinya dengan makanan yang bebas gluten. Well, sebelum kamu mengonsumsi makanan tersebut, cobalah untuk mengonsumsi biji-bijian yang mengandung banyak serat sehat.

Diet makanan bayi

Diet makanan bayi dipopulerkan oleh artis Jennifer Aniston. Kelemahan dari diet ini adalah makanan bayi yang dijadikan sebagai sumber makanan utama dalam diet ini tidak mengandung nutrisi lengkap yang dibutuhkan oleh orang dewasa.

Diet makrobiotik

Diet makrobiotik meminta kamu untuk mengonsumsi makanan yang terdiri dari sayuran, biji-bijian, atau kacang-kacangan. Kemudian, kamu tidak diperbolehkan untuk makanan daging atau susu. Tentu saja hal ini membuat tubuhmu tidak mendapatkan nutrisi yang seharusnya.

Diet memang bertujuan untuk membatasi konsumsi makanan yang tidak sehat untuk kebaikan tubuhmu. Namun jangan sampai diet tersebut membuatmu tidak mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk membuat tubuh supaya tetap sehat. [feb]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini