Normalkah Jika Pria Tidak Mengalami Ereksi saat Bangun Pagi Hari?

Rabu, 2 Oktober 2019 16:25 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Normalkah Jika Pria Tidak Mengalami Ereksi saat Bangun Pagi Hari? ereksi pagi. ©2018 liputan6.com

Merdeka.com - Salah satu hal yang biasa dialami oleh pria pada pagi hari adalah terjadinya ereksi. Hal ini normalnya dialami setiap pria. Namun ketika kamu tidak bisa ereksi, hal ini tidak harus membuatmu cemas karena mungkin disebabkan oleh faktor lain yang tak berbahaya.

Umumnya, pria mengalami ereksi saat bangun tidur di pagi hari. Namun jika tiba-tiba ereksi tidak terjadi, apakah kondisi tersebut menandakan gejala penyakit tertentu?

Ereksi pada pagi hari, disebut sebagai nocturnal penile tumescence (NPT), menandakan aliran pembuluh darah ke penis berjalan lancar. Namun jika saat bangun tidur penis tak ikut “bangun”, tentunya bisa bikin ketar-ketir.

Berdasar penjelasan dari dr. Fiona Amelia, MPH, dari KlikDokter, jika suatu pagi kamu tidak mengalami NPT, ini mungkin dikarenakan tidak terbangun dalam fase REM.

“Ereksi penis terjadi pada fase tidur REM, di mana otak dan sistem tubuh sedang aktif, termasuk sistem persarafan penis. Inilah yang kemudian membuat penis ereksi. Nah, fase tidur REM kerap terjadi sesaat sebelum bangun tidur. Jadi jika Anda tidak terbangun dalam fase REM ini, maka wajar jika penis tidak ereksi,” kata dr. Fiona menjelaskan.

Kesimpulannya, tidak mengalami ereksi di pagi hari tak perlu selalu dikhawatirkan. Meskipun begitu, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter jika kondisi tersebut frekuensinya makin sering atau sudah berlangsung lama. Tak perlu ragu apalagi malu, karena pemeriksaan dokter bisa mendeteksi bila ada kelainan atau penyakit yang mendasari, sehingga bisa diatasi sesuai penyebabnya.

Deteksi lebih dini suatu kondisi kesehatan bisa membantu mencegah terjadinya masalah lebih lanjut. Oleh karena itu, kenali dan ketahui adanya perubahan dalam dirimu.

Penulis: Tamara Anastasia
Sumber: Klik Dokter [RWP]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini