Konsumsi Garam Ternyata Bisa Menyebabkan Alergi pada Diri Seseorang

Kamis, 28 Februari 2019 13:16 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Konsumsi Garam Ternyata Bisa Menyebabkan Alergi pada Diri Seseorang Ilustrasi garam laut. © www.healthcareaboveall.com

Merdeka.com - Makan tanpa garam memang bagi sebagian besar orang terasa kurang sedap. Garam memang telah menjadi salah satu bumbu dapur paling penting bagi banyak orang untuk makan sehari-hari.

Namun tahukah kamu bahwa sebuah penelitian terbaru mengungkap bahwa kandungan sodium klorida yang biasanya ada di garam dapur dapat menghadirkan sel tertentu yang berakibat pada munculnya kondisi alergi. Dilansir dari Medical Daily, diketahui bahwa garam bisa menyebabkan peningkatan sel Th2 di tubuh serta membuat sel yang seharusnya tak menyebabkan alergi berubah menjadi sel yang berhubungan dengan alergi.

Pada penelitian ini, peneliti fokus pada efek yang muncul dari konsumsi garam oleh pasien dermatitis atopik atau kondisi kulit kronis. Hasil temuan ini menjelaskan bahwa bagian kulit yang terkena efek penyakit ini meningkat seiring kehadiran garam. Tingkat sodium pada kulit pasien yang terinfeksi meningkat hingga 30 kali lipat dibanding pada kulit sehat.

"Semakin tinggi tingkat sodium pada kulit yang terpengaruh hampir menyerupai karakteristik dari dermatitis atopik," jelas Christina Zielinski, peneliti dan profesor dari Technical University of Munich.

Zielinsky menyebut bahwa garam berkontribusi secara besar terhadap tingkat peningkatan bakteri pada kulit pasien penderita dermatitis atopik. Bakteri jenis ini diketahui bertahan hidup pada kondisi bergaram.

Zielinski menyebut bahwa timnya masih belum menemukan bagaimana garam secara langsung menyebabkan alergi.

"Kami masih belum dapat menemukan bagaimana garam dalam jumlah besar berpindah ke kulit," jelas Zielinsky.

"Untuk alasan tersebut, kami juga belum yakin bagaimana pola makan tinggi garam dan rendah garam dapat berhubungan dengan tampilan dan pertumbuhan dari dermatitis atopik atau kondiri alergik lainnya," sambungnya.

Sebelumnya, telah diketahui bahwa konsumsi garam terlalu tinggi dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan. Konsumsi garam diketahui dapat menyebabkan masalah hipertensi, penyakit jantung, dan sejumlah hal lainnya. [RWP]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini