Konsumsi Buah Pir Bisa Bantu Kamu Jaga Ukuran Lingkar Perut

Jumat, 8 Maret 2019 13:08 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Konsumsi Buah Pir Bisa Bantu Kamu Jaga Ukuran Lingkar Perut Ilustrasi buah pir. ©Shutterstock/Africa Studio

Merdeka.com - Buah pir memiliki sejumlah nutrisi dan manfaat luar biasa selain karena rasa lezat yang dimilikinya. Namun ternyata buah ini juga memiliki manfaat yang sangat besar dalam menjaga lingkar perut kamu.

Sebuah penelitian dari Louisiana State University menemukan bahwa orang yang mengonsumsi pir ternyata mengalami penurunan risiko terkena obesitas. Diketahui bahwa mengonsumsi buah ini dapat membantu kamu menjaga agar tidak kegemukan.

Dilansir dari Medical Daily, diketahui bahwa pir dapat membantu menurunkan risiko seseorang terkena obesitas. Pada jurnal yang diterbitkan dalam Nutrition and Food Science menyebut bahwa mengonsumsi pir memiliki berat badan yang lebih ringan dan memiliki 35% kemungkinan lebih kecil untuk mengalami obesitas.

Penelitian ini dilakukan selama sembilan tahun melalui National Health and Nutrition Examination Survey. Data penelitian didapat dari sekitar 24.808 peserta yang berusia 19 tahun ke atas.

Berdasar data tersebut, para peneliti menemukan bahwa konsumen buah pir biasanya berusia lebih tua, mengonsumsi sedikit alkohol, serta jarang merokok. Konsumen buah pir juga memiliki kualitas diet yang lebih baik yang ditandai dengan kadar tinggi serat dan vitamin serta kadar rendah pada lemak dan gula.

Dibandingkan hasil penelitian antara konsumen buah pir dengan bukan konsumen pir yang mengonsumsi jumlah kalori yang sama. Kondisi ini berlaku bagi mereka yang mengonsumsi buah pir utuh, mengonsumsi biji-bijian, protein berbasis makanan laut, serta membatasi asupan natrium dan kalori.

Para peneliti mengungkapkan hubungan antara pir dan berat badan adalah adanya asupan serat yang mendorong bobot berat tubuh seseorang menjadi lebih ringan. Hal ini menunjukkan pentingnya serat sebagai asupan makanan sehari-hari.

Serat dalam buah pir membantu sistem pencernaan kita dan membuat rasa kenyang lebih lama. Hal ini membuat kita tidak cepat tergoda dengan makanan sehingga berefek pada berat badan yang lebih ideal.

Selain itu, serta juga membantu kita mengurangi risiko terkena penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan kanker. Selain pada buah pir, kita dapat menemukan serat dalam rasberi, kacang lentil, dan berbagai jenis biji-bijian. [RWP]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Manfaat Buah
  3. Manfaat Buah Pir
  4. Nutrisi
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini