Jika Tes Covid-19 Dilakukan Secara Mandiri di Rumah Bisa Dianggap Akurat?

Selasa, 14 Desember 2021 13:45 Reporter : Titah Mranani
Jika Tes Covid-19 Dilakukan Secara Mandiri di Rumah Bisa Dianggap Akurat? Tes PCR di Zona Merah Kayu Putih. ©2021 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho

Merdeka.com - Beberapa orang mungkin saat ini sudah mencoba melakukan tes covid-19 secara mandiri di rumah. Namun, banyak pertanyaan timbul salah satunya adalah apakah tes covid-19 yang dilakukan sendiri bisa mendapatkan hasil yang akurat seperti yang dikelola oleh profesional?

Berikut beberapa hal yang perlu dicermati, seperti dikutip dari Fimela.com:

1. Apakah tes covid-19 di rumah benar-benar berfungsi?

Antara iya dan tidak. Tes covid-19 yang dilakukan secara mandiri di rumah memang dirancang agar lebih mudah dalam penggunaannya, daripada tes covid-19 yang dilakukan di laboratorium besar dan oleh tenaga ahli.

Kompromi dalam desain tes covid-19 ini biasanya menghasilkan tes yang kurang akurat daripada PCR tipikal atau tes molekuler lain yang mungkin kita terima dalam pengaturan medis. Tes covid-19 secara mandiri yang bisa kamu lakukan di rumah berfungsi, tapi tetap ada keterbatasan.

2. Apa yang harus diketahui tentang yang benar dan salah saat melakukan tes covid-19 mandiri di rumah?

Untuk bisa mendapatkan hasil yang akurat bergantung pada pengguna yang mengikuti instruksi dengan sempurna. Sangat disarankan untuk memahami terlebih dahulu instruksi yang dilakukan setidaknya sekali sebelum melakukan tes. Kemudian sangat penting untuk membaca instruksi terperinci untuk setiap petunjuk ataupun peringatan.

3. Apakah merek atau jenis tes yang direkomendasikan?

Tes yang saat ini paling akurat adalah PCR atau tes molekuler lainnya. PCR atau tes molekuler ini menghasilkan akurasi yang paling dekat dengan tes laboratorium rumah sakit besar.

4. Kapan waktu yang tepat bagi seseorang yang sudah mendapat vaksin lengkap harus tes mandiri covid-19, jika kontak penuh dengan kasus positif atau menunjukkan gejala?

Jika sudah mendapatkan vaksinasi lengkap, tapi kita kontak erat atau mengalami gejala tertentu, segera lakukan tes covid-19. Karena meski sudah mendapatkan vaksinasi lengkap, masih bisa menginfeksi orang lain disekitarnya.

5. Jika melakukan tes covid-19 mandiri di rumah dan hasilnya positif, apa yang harus dilakukan?

Jika mendapatkan hasil positif dengan tes covid-19 di rumah, CDC merekomendasikan agar mengkonfirmasi hal tersebut dengan PCR atau tes molekuler lainnya agar bisa mendapatkan hasil yang pasti dari kondisi kita.

Fimela.com/Annissa Wulan [ttm]

Baca juga:
Epidemiolog Dorong Testing dan Tracing Ditingkatkan Usai Ditemukan Kasus Omicron
Antrean Tes Covid-19 di Miami Mengular
Polisi di Bekasi Dirikan 10 Pos Pemantauan Jelang Nataru, 2 Lokasi Layani Tes PCR
Posko Tes Antigen di 5 Stasiun Disiapkan untuk Penumpang KA Jarak Jauh
Kasus Alat Tes Antigen Bekas, Eks Manajer PT KFD Dituntut 20 Tahun Penjara
Yogyakarta akan Lakukan Tes Acak bagi Wisatawan saat Libur Natal dan Tahun Baru
Cegah Klaster Sekolah, Pelajar dan Guru di Garut Dites Antigen

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini