Duduk Menonton Televisi Bisa Timbulkan Bahaya Lebih Besar Dibanding Duduk di Kantor

Kamis, 4 Juli 2019 00:35 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Duduk Menonton Televisi Bisa Timbulkan Bahaya Lebih Besar Dibanding Duduk di Kantor Ilustrasi nonton TV. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Hasloo Group Production Studio

Merdeka.com - Selama ini, duduk di kantor sering disalahkan sebagai penyebab banyaknya masalah kesehatan yang kita alami. Namun ternyata dibanding duduk di kantor, duduk di rumah menghadirkan bahaya yang lebih besar.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan pada Journal of the American Heart Association mengungkap bahwa duduk di depan TV ketika di rumah menghadirkan dampak bagi kesehatan. Penelitian di Columbia University ini menyebut bahwa menonton televisi dihubungkan dengan masalah kardiovaskular dan kematian dibandingkan dengan duduk di kantor.

"Bahkan jika kamu memiliki kerja yang butuh untuk duduk dalam jangka lama, mengganti waktu yang kamu habiskan untuk duduk di rumah dengan olahraga bisa menurunkan risiko penyakit jantung dan kematian," jelas peneliti Keith M. Diaz, profesor di Columbia University Vagelos College of Physicians and Surgeons.

Penelitian dilakukan terhadap 3.500 partisipan dan membandingkan perilaku mereka serta kesehatan selama delapan tahun. Diketahui bahwa orang yang setiap hari menonton TV selama empat jam atau lebih memiliki risiko serangan jantung dan kematian 50 persen lebih tinggi dibanding yang melakukannya kurang dari dua jam setiap hari.

Namun tentu saja ini bukan berarti bahwa kamu lebih baik menghabiskan banyak waktu untuk duduk di kantor. Hal ini tetap dapat menimbulkan dampak negatif seperti pada pinggul, postur tubuh memburuk, serta otot yang menjadi lemah.

Untuk menghilangkan efek negatif dari duduk di depan TV ini kamu bisa melakukannya dengan berolahraga.

"Kecenderungannya adalah sebagian besar orang cenderung menonton televisi berjam-jam tanpa bergerak, sedangkan pekerja cukup sering berdiri dari meja mereka," terang Diaz.

"Kombinasi dari makan dalam jumlah banyak seperti saat makan malam dan kemudian duduk berjam-jam dapat menimbulkan bahaya," tandasnya. [RWP]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini