Demi Jaga Kesehatan, Penting untuk Mengetahui Keadaan Jajanan yang Dikonsumsi

Minggu, 24 November 2019 18:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Demi Jaga Kesehatan, Penting untuk Mengetahui Keadaan Jajanan yang Dikonsumsi Ilustrasi jajan di pinggir jalan. febrianti

Merdeka.com - Untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, konsumsi makanan yang kita lakukan sehari-hari dipastikan harus benar-benar sehat. Hal itu juga termasuk jajanan pinggir jalan yang dikonsumsi terutama pada anak-anak.

Berdasarkan data Badan Pengawas Obat dan Makanan, Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) merupakan salah satu prioritas pengawasan pemerintah. Ada peran pemerintah yang strategis dalam mencukupi kebutuhan gizi anak sekolah.

"PJAS menyumbang 31,06 persen energi dan 27,44 persen protein dari konsumsi pangan harian. Hampir 99 persen anak sekolah jajan di sekolah, baik di kantin maupun pedagang di luar sekolah," jelas Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan Penny K Lukito dalam keterangan tertulis.

Dorongan jajanan pinggir jalan yang sehat juga dilatarbelakangi data Kementerian Kesehatan. Laporan Kementerian Kesehatan menyebut, makanan yang dijual di pinggir jalan menjadi sumber keracunan makanan tertinggi kedua di Indonesia.

1 dari 1 halaman

Pola Pangan Sehat

Masyarakat Indonesia juga perlu memahami pola pangan sehat. Makanan sehat harus mudah diakses semua orang.

Saat ini pola pangan sehat kurang tersedia dan terjangkau untuk semua orang. Seiring itu banyak yang tidak menyadari apa yang merupakan pola pangan sehat," ungkap WFP Representative Christa Räder.

"Informasi mengenai apa yang harus dimakan dan diminum agar tetap sehat, serta kesadaran akan food waste dan food loss harus dapat diakses oleh semua orang.

Perwakilan FAO Stephen Rudgard menambahkan, perlu peningkatkan kualitas makanan jalanan. Meski begitu hal ini tidak mudah dilakukan.

"Pemerintah dan masyarakat perlu bekerja sama untuk memastikan, makanan sehat dan bergizi mudah diakses dengan harga yang terjangkau untuk semua orang, tandasnya.

Reporter: Fitri Haryanti Harsono
Sumber: Liputan6.com [RWP]

Baca juga:
Tips dan Cara Membuat Sari Kacang Hijau yang Benar untuk Kesuburan
Demi Jaga Kesehatan, Milenial Harus Pintar-Pintar Pilih Makanan
Sejumlah Masalah Kesehatan yang Bisa Kamu Alami Ketika Kebanyakan Konsumsi Pepaya
Cedera Tulang Belakang, 6 Makanan dan Minuman Ini Perlu Dikonsumsi Agar Cepat Sembuh

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini