Cedera Tulang Belakang, 6 Makanan dan Minuman Ini Perlu Dikonsumsi Agar Cepat Sembuh

Rabu, 13 November 2019 13:19 Reporter : Billy Adytya
Cedera Tulang Belakang, 6 Makanan dan Minuman Ini Perlu Dikonsumsi Agar Cepat Sembuh Ilustrasi Cedera Tulang Belakang. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Cedera tulang belakang akan cepat sembuh jika didukung dengan makanan dan minuman yang Anda konsumsi. Cedera tulang belakang adalah kondisi kerusakan pada sumsum tulang belakang atau saraf ujung sumsum tulang belakang. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan sementara bahkan permanen pada fungsinya.

Penderita cedera tulang belakang memiliki gejala antara lain, kehilangan fungsi otot, dan fungsi otonom di bagian tubuh. Umumnya, cedera ini disebabkan oleh kecelakaan kendaraan bermotor, tindakan kekerasan, cedera saat olahraga, jatuh. Bahkan cedera bisa muncul saat Anda menderita sakit seperti osteoporosis, peradangan sendi, dan kanker.

Penyembuhan cedera tulang belakang bisa Anda lakukan dengan cara bantuan medis. Semakin cepat bantuan medis diberikan, maka akan lebih baik. Jangan memindahkan posisi terlebih dahulu. Kemudian lakukan CPR (resusitasi jantung paru) jika sudah parah. CPR dilakukan pada penderita cedera tulang belakang sudah tidak bernapas.

Tidak hanya dengan cara medis, penyembuhan cedera tulang belakang juga bergantung pada makanan dan minuman apa yang Anda konsumsi. Berikut 6 makanan dan minuman agar cedera tulang belakang cepat sembuh:

1 dari 6 halaman

1. Ikan Mengandung Minyak

Sebuah penelitian mencatat bahwa asam omega-3 pada ikan yang mengandung minyak bermanfaat penting dalam mempercepat pemulihan, serta dapat mendorong regenerasi tulang setelah terkena cedera tulang belakang. Ikan seperti, salmon, sarden, tuna, teri, dan tenggiri bisa Anda konsumsi untuk membuat cedera tulang belakang cepat sembuh. Macam-macam ikan tersebut cepat membantu penyembuhan cedera tulang belakang karena mengandung omega-3.

2 dari 6 halaman

2. Buah Sitrus

Buah-buahan sitrus seperti jeruk, kiwi, stroberi, dan jeruk bali banyak mengandung vitamin C yang berperan sangat penting untuk penyembuhan cedera otot, ligamen, tendon, dan diskus intervertebralis (bantalan tulang belakang). Vitamin C juga dapat membantu pembentukan kolagen yang ditemukan di tulang, kulit, otot, dan tendon. Jadi buah-buahan sitrus bisa jadi pilihan Anda untuk penyembuhan cedera tulang belakang.

3 dari 6 halaman

3. Sayuran Hijau

Magnesium ditemukan pada sayuran berdaun hijau seperti kangkung, sawi, dan bayam. Itu artinya sayuran dengan daun hijau membantu dalam pertumbuhan tulang dan kesehatan neruologis, yang diperlukan pemulihan cedera tulang belakang. Sebuah penelitian mencatat, makan sayuran hijau atau kuning dapat membantu orang dengan pemulihan cedera tulang belakang. Brokoli, kubis, atau sawi mengandung vitamin K2 dan magnesium serta kalsium, dapat membantu pembentukan tulang belakang.

4 dari 6 halaman

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan sangat disarankan untuk Anda yang menderita cedera tulang belakang, karena mengandung asam lemak omega 3, serat, kalsium, vitamin E, magnesium, dan fosfor. Beberapa zat itu penting bagi pembentukan dan penguatan tulang. Cedera tulang belakang cepat sembuh ketika Anda mengonsumsi kacang seperti mete, almond, dan kenari. Sebuah peneliti mengatakan, kulit almond akan membantu menghambat peradangan dan cedera pada jaringan.

5. Biji-Bijian

Biji-bijian juga memiliki kandungan magnesium, serat dan protein. Orang-orang dengan cedera tulang belakang akan mengalami masalah pada kandung kemih dan bagian usus. Jadi biji-bijian dapat membantu gangguan pada masalah pencernaan kandung kemih dan usus. Masalah pencernaan yang dimaksud seperti anyang-anyangan, dan sembelit.

5 dari 6 halaman

6. Susu

Susu merupakan sumber gizi penting bagi kesehatan manusia. Susu juga sumber kalsium serta vitamin D yang sangat baik untuk menumbuhkan dan menguatkan tulang, khususnya tulang belakang. Tidak hanya itu, kalsium juga membantu dalam menjaga kepadatan tulang dan memperkuat otot-otot pendukung tulang belakang. Tidak harus susu murni, berbagai olahan dari susu seperti, keju, yogurt dapat Anda jadikan pilihan sebagai pembantu penyembuhan cedera tulang belakang.

Tanda-tanda Cedera Tulang Belakang

Kehilangan sensasi (kemampuan merasakan panas, dingin,dan sentuhan)
Kehilangan kontrol usus dan kandung kemih
Kehilangan pergerakan
Kejang atau aktivitas reflek berlebih
Nyeri (akibat kerusakan serabut tulang belakang)
Kesulitan bernapas
Perubahan fungsi seksual (kesuburan)

6 dari 6 halaman

Pencegahan Umum

  • Gunakan sabuk pengaman saat menyetir mobil
  • Saat olahraga, gunakan peralatan keamanan yang tepat
  • Tidak melompat ke dalam air sembarangan tanpa memeriksa tingkat kedalaman
  • Jangan mengendarai kendaraan ketika sedang di bawah pengaruh alkohol
  • Mencegah jatuh (memperhatikan peletakkan keset, agar tidak tergelincir ketika akan atau sudah ke kamar mandi)
  • Tetap teliti terhadap keadaan sekitar


Tips Bagi Anda penderita cedera tulang belakang konsumsilah 15-30 gram serat setiap harinya. Kemudian jangan lupa minum air putih minimal 1,5 liter per hari. Hindari makanan dan minuman yang dapat menyebabkan konstipasi (sembelit) seperti susu skim, apapun yang rendah lemak, dan daging. Selalu konsumsi makanan kaya nutrisi dalam jumlah besar, karena bermanfaat bagi kesehatan fisik maupun mental Anda.

[bil]
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini