Bisa Berdampak Bahaya, Kenali Terjadinya Masalah Psoriasis pada Kulit

Rabu, 11 November 2020 08:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Bisa Berdampak Bahaya, Kenali Terjadinya Masalah Psoriasis pada Kulit Ilustrasi psoriasis. ©Shutterstock.com/Lipowski Milan

Merdeka.com - Psoriasis merupakan kondisi kulit autoimun kronis yang mempercepat siklus pertumbuhan sel kulit, yang menyebabkan timbulnya bercak merah bersisik, tebal dan kering. Psoriasis dapat timbul pada kulit di bagian tubuh mana pun, beberapa penderita psoriasis juga merasakan gatal, terbakar dan menyengat.

Ketua Kelompok Studi Psoriasis Indonesia (KSPI), dr. Endi Novianto, SpKK(K), FINSDV, FAADV mengatakan masih banyak masyarakat yang tidak menyadari mengalami psoriasis. Padahal jika tidak langsung ditangani bisa berkembang menjadi penyakit serius.

Kondisi kulit tidak menular ini telah dialami sekitar dua persen dari total populasi dunia.

"Saat ini, psoriasis banyak kita jumpai di masyarakat. Sayangnya bagi sebagian orang, mereka tidak menyadari bahwa mereka mengalami psoriasis," ujar dr. Endi beberapa waktu lalu dilansir dari Antara.

dr. Endi mengatakan psoriasis memang belum dapat disembuhnya sepenuhnya, namun jika dilakukan penanganan yang tepat dan sejak dini maka penyakit tersebut dalam dikendalikan kekambuhannya.

"Psoriasis yang tidak mendapatkan penanganan yang tepat dapat berkembang menjadi penyakit yang lebih serius seperti radang sendi atau psoriasis arthritis dan sindrom metabolik," kata dr. Endi.

Baca Selanjutnya: Pentingnya Penanganan Psoriasis...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini