Begini Cara Aman untuk Tambah Berat Badan Secara Sehat dan Terukur

Senin, 29 April 2019 00:24 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Begini Cara Aman untuk Tambah Berat Badan Secara Sehat dan Terukur Ilustrasi Makan Banyak. ©askdrnandi.com

Merdeka.com - Memiliki tubuh terlalu kurus bisa membuat penampilan seseorang kurang sempurna dan tidak menarik. Namun menambah berat badan secara sembrono dan tidak hari-hati juga justru bisa membuat kamu mengalami masalah kesehatan.

Dilansir dari Medical Daily, sama seperti menurunkan berat badan yang membutuhkan diet dan olahraga, menambah berat badan juga membutuhkan hal yang sama. Namun untuk lebih amannya, kamu sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk bisa secara aman menambah berat badan ini.

Mengonsumsi banyak junk food, minuman tinggi gula, dan setumpuk karbohidrat bukan hanya membuat berat badan bertambah namun juga mendatangkan penyakit jantung dan diabetes. Cara ini membuat berat badan kamu bertambah dengan lemak dan bukannya otot.

Untuk menambah berat badan secara aman, Mayo Clinic menyarankan kamu untuk menambah bobot secara sehat dengan cara sebagai berikut:

- Makan lebih sering. Ketika berat badanmu kurang, kamu bakal lebih cepat merasa kenyang. Makan dengan porsi kecil sebanyak lima hingga enam kali sehari dibanding dua hingga tiga kali makanan porsi besar.

- Pilih makanan kaya nutrisi. Jalani pola makan yang sehat dan konsumsi roti gandum, pasta dan sereal, buah dan sayur, susu-susuan, sumber protein lainnya, kacang-kacangan, serta biji-bijian.

- Minum Smoothies dan Shakes. Mengonsumsi smoothies dan milk shake dari bahan susu segar ataupun buah beku. Pada kasus tertentu, makanan cair pengganti bisa menjadi pilihan. Jauhi diet soda, kopi, dan minuman lain yang mengandung sejumlah kalori namun rendah nilai nutrisi.

- Perhatikan minuman yang kamu konsumsi. Bersamaan dengan makan atau ngemil, konsumsi juga minuman tinggi kalori. Selain itu, minum 30 menit setelah makan dan tidak secara bersamaan juga dapat dilakukan.

- Hitung makanan yang kamu konsumsi. Sebelum tidur konsumsi kudapan seperti selai kacang dan sandwich, atau sandwich dengan sayuran potong dan daging potong atau keju. Sebaiknya jadikan kacang, selai kacang, keju, buah dikeringkan, serta avokad sebagai camilan kamu.

- Perhatikan lemak dan gula yang dikonsumsi. Walau kamu bertekad untuk menambah berat badan, jangan konsumsi gula dan lemak secara membabibuta. Konsumsi makanan yang sehat serta memiliki kandungan nutrisi dan kalori yang cukup. Muffins, yogurt, dan granola bars merupakan pilihan yang tepat dikonsumsi. [RWP]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini