Awas, sinar laser pada mainan bisa bikin buta!

Senin, 12 Agustus 2013 11:06 Reporter : Kun Sila Ananda
Awas, sinar laser pada mainan bisa bikin buta! Ilustrasi mainan laser. ©Shutterstock.com/Artur Synenko

Merdeka.com - Saat ini banyak mainan anak yang dilengkapi dengan sinar laser. Tak terkecuali dengan mainan laser yang biasa digunakan saat pertandingan bola. Meski terlihat sepele, ternyata sinar laser dalam mainan bisa membahayakan mata. Berdasarkan Food and Drug Administration (FDA) Amerika serikat, laser pada mainan bisa sebabkan kebutaan pada anak.

"Sinar laser yang diarahkan langsung pada mata bisa membahayakan dan mencederai mata secara langsung, terutama jika laser yang digunakan cukup kuat," ungkap Dan Hewett dari Center for Devices and Radiological Health di FDA, seperti dilansir oleh US News (09/08).

Cedera yang disebabkan laser pada mata biasanya tak terasa sakit, namun dalam jangak waktu tertentu bagian mata bisa rusak. Kerusakan ini bisa saja tak diketahui hingga berminggu-minggu atau berbulan-bulan hingga menjadi kerusakan permanen. Beberapa jenis laser yang biasanya terdapat pada mainan adalah sinar laser pada pistol mainan serta lampu kecil yang dilengkapi sinar laser seperti yang digunakan oleh para suporter sepak bola.

FDA lebih menekankan hal ini bagi anak-anak karena biasanya sinar laser terdapat pada mainan anak dan jarang sekali diperhatikan oleh orang dewasa. Karena dijual sebagai mainan, seringkali orang tua dan anak-anak akan mengira sinar tersebut aman.

Perhatikan beberapa tips yang disarankan oleh FDA terkait penggunaan laser mainan berikut ini.

1. Jangan arahkan sinar laser langsung pada orang atau hewan. energi yang disalurkan dari sinar laser pada mata bisa berbahaya, hampir sama berbahayanya dengan melihat matahari secara langsung.

2. Jangan arahkan sinar laser pada permukaan yang bisa memantulkan sinar.

3. Ingat bahwa mengarahkan sinar yang terlalu terang pada orang saat berkendara bisa mengakibatkan kecelakaan.

Hewett menambahkan bahwa sebaiknya perhatikan informasi yang tertera dalam label. Jika label tak meyakinkan, sebaiknya jangan serta-merta menganggap sinar laser atau mainan tersebut aman digunakan.

[kun]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Penelitian
  3. Ibu Dan Anak
  4. Wanita Merdeka
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini