8 Manfaat Luar Biasa yang Terkandung dalam Lembaran Kubis

Rabu, 1 April 2020 19:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
8 Manfaat Luar Biasa yang Terkandung dalam Lembaran Kubis Ilustrasi kubis. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Alfredo Maiquez

Merdeka.com - Salah satu sayuran yang bisa kita peroleh dengan mudah dan murah adalah kubis. Makanan ini juga sangat mudah kita temui pada berbagai makanan seperti nasi goreng atau sup.

Walau mudah ditemui dan tak memiliki rasa yang terlalu kuat di lidah, tak semua orang menyukai sayur ini. Padahal, di dalam lembarannya sesungguhnya tersimpan manfaat yang sangat besar.

Kandungan nutrisi dari sayuran ini sangat kaya dan diperlukan oleh tubuh. Terdapat serat, kalsium, vitamin B6 dan C pada sayur ini.

Mineral yang dikandungnya juga tidak kalah banyak karena memiliki magnesium, potassium, serta mangan. Belum lagi kandungan kalori dari sayur ini yang sangat rendah.

Sejumlah kandungan bergizi dari kubis membuatnya memiliki banykan manfaat bagi kesehatan. Dilansir dari The Health Site, berikut sejumlah manfaat kesehatan yang terkadnung dari kubis.

1 dari 8 halaman

Melancarkan Pencernaan

Tekstur yang renyah dari kubis merupakan sumber serat tidak larut yang membuat pencernaan tetap dalam kondisi sehat. Lebih lanjut, serat tak larut bisa bermanfaat pada bakteri baik di usus. Kandungan tinggi serat bisa membantu pencernaan dan meredakan konstipasi yang diperlukan oleh tubuh.

2 dari 8 halaman

Meningkatkan Kesehatan Jantung

jantung rev1

Kubis nerupaka sumber polifenol yang sangat baik bagi tubuh. Kandungan ini bisa menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dan mencegah terbentuknya platelet. Kubis bisa mengontrol tingkat kolesterol.

3 dari 8 halaman

Meningkatkan Kesehatan Kulit

Kubis kaya dengan vitamin C, vitamin larut di air yang membantu terbentuknya kolagen. Hal ini merupakan protein yang bisa menberi struktur dan fleksibilitas bagi kulit.

4 dari 8 halaman

Membantu Menurunkan Berat Badan

berat badan rev1

Rendahnya kalori membuat kubis sangat tepat untuk menurunkan berat badan. Kandungan tinggi serat membuatmu merasa lebih kenyang lebih lama. Hal ini bisa membuatmu makan secara terbatas untuk menurunkan berat badan.

5 dari 8 halaman

Mencegah Katarak

Kubis bisa membantu mencegah katarak. Makanan ini merupakan sumber beta karoten yang baik bagi kesehatan mata dan mencegah terbentuknya katarak.

6 dari 8 halaman

Meningkatkan Kekuatan Otak

otak

Kubis merupakan makanan yang sangat bermanfaat untuk otak. Makanan ini mengandung vitamin K yang bisa membantu saraf menjadi rusak dan melemah. Lebih lanjut, konsumsi kubis bisa membantu meningkatkan kesehatan otak.

7 dari 8 halaman

Memperkuat Tulang

Mineral seperti kalsium, magnesium, dan potassium terdapat cukup banyak di kubis. Kubis ini sangat penting untuk melindungi diri dari tulang yang lapuk.

8 dari 8 halaman

Menjaga Tekanan Darah

darah

Kubis terutama yang berwarna merah merupakan sumber antosianon, salah satu jenis flavonoid. Kandungan ini berhubungan dengan tekanan darah serta menurunkan kekakuan arteri. Manfat ini juga membuatnya efektif mencegah serangan jantung.

Delapan manfaat tersebut bisa kamu peroleh dari konsumsi kubis. Mengingat besarnya manfaat yang dimiliki oleh sayur ini, sebaiknya konsumsi secara rutin. [RWP]

Baca juga:
Cegah Corona Covid-19, Ini 5 Makanan Sehat yang Bisa Tingkatkan Imunitas Anak
Cegah Penularan Virus Corona, Ini Makanan Sehat yang Wajib Dikonsumsi
Tinggal di Rumah Saja, Perhatikan Hal Ini dalam Memilih Makanan Kalengan yang Tepat
Deretan Makanan yang Cocok Dikonsumsi Anak untuk Cegah Persebaran Corona

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini