8 Kondisi yang Bisa Membuat Mata Tampak Terlihat Lelah

Selasa, 22 Oktober 2019 06:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
8 Kondisi yang Bisa Membuat Mata Tampak Terlihat Lelah Ilustrasi mata lelah. ©Shutterstock.com/ Kartinkin77

Merdeka.com - Ada yang mengatakan bahwa mata merupakan jendela jiwa. Dari mata seseorang, kita juga bisa mengetahui atau memperkirakan kondisi yang dimilikinya.

Ketika seseorang kelelahan, mata yang dimilikinya bakal menunjukkan kondisinya. Mata seseorang bakal tampak sayu dan tidak bersinar seperti saat sebelumnya.

Kondisi seseorang yang baru saja begadang atau kurang tidur juga dapat terlihat dari keadaan matanya. Kelelahan dan rasa ngantuk yang dimilikinya bakal sangat ditunjukkan melalui mata.

Pada beberapa orang, kondisi ini bisa sangat ditujukan oleh lingkaran hitam serta kantung mata yang muncul. Walau sering hanya dikaitkan dengan rasa lelah, namun terdapat sejumlah hal yang bisa menyebabkan munculnya kondisi mata yang terlihat lelah ini.

Gaya hidup serta kondisi kesehatan yang kamu miliki bisa sangat mempengaruhi tampilan mata. Dilansir dari Self, berikut sejumlah kondisi yang membuat matamu tampak lelah.

1 dari 8 halaman

Alergi

"Alergi melepaskan histamine kimia yang bisa melebarkan pembuluh darah, berdampak meningkatnya aliran darah di bawah mata," jelas Christopher Sanders, M.D. dari Geisinger in Danville, Pennsylvania.

"Histamine bisa menyebabkan rasa gatal yang berdampak bengkak, peradangan, serta bertumpuknya cairan bawah mata yang berujung lingkaran hitam dan tampilan mata yang lelah, terutama setelah menggosok atau mengucek mata," sambungnya.

Bengkak di mata yang berhubungan dengan alergi ini bisa diatasi secara mudah dengan konsumsi obat antihistamine. Selain itu kamu juga bisa menggunakan kompres dingin untuk meredakan pembengkakan.

2 dari 8 halaman

Mata Tegang

Jika kamu terlalu lama memandang layar komputer atau terlalu lama tidak menggunakan kaca mata, maka bakal terjadi perubahan pada matamu.

"Meningkatnya ketegangan pada mata menyebabkan pembuluh darah di mata melebar," jelas Dr. Sanders.

"Peningkatan aliran darah bisa menyebabkan munculnya lingkaran hitam dan mata lelah," sambungnya.

Untuk mengatasi masalah tersebut, usahakan untuk memberi waktu istirahat bagi mata. Usahakan untuk menerapkan aturan 20-20-20 demi kesehatan mata.

3 dari 8 halaman

Dehidrasi

Dehidrasi merupakan salah satu masalah yang banyak dialami orang. Hal ini rupanya tak hanya berdampak pada kesehatan tubuh saja namun juga pada mata yang menjadi tampak lelah.

"Dehidrasi menurunkan volume darah dan membuatmu jantung tidak bekerja secara efisien sehingga berujung kelelahan," terang Rebecca Lee, R.N. perawat dari New York City.

"Kulit di sekitar mata sangat sensitif dengan air dan lingkungan," sambungnya.

4 dari 8 halaman

Pigmen Mata yang Terlalu Banyak di Bawah Mata

"Beberapa orang secara genetik memiliki lebih banyak pigmen (lebih banyak melanin) yang bisa menimbulkan lingkaran hitam di bawah mata," terang Tania Elliott, M.D.

Hal ini bisa jadi alasan mengapa kamu memiliki lingkaran di bawah mata. Kondisi genetik yang kamu miliki telah menyebabkan hal ini kamu alami dan biasanya sudah sejak kecil.

5 dari 8 halaman

Struktur Tulang

Gen yang dimiliki seseorang terhadap munculnya lingkaran ini ini juga bisanya berhubungan dengan struktur tulang mereka. Struktur tulang bisa sangat mempengaruhi bagaimana kulit menyesuaikan sehingga memunculkan cekungan di mata yang menimbulkan terlihatnya lingkaran hitam.

6 dari 8 halaman

Pembuluh Vena yang Menonjol

Kadang, penyebab lingkaran hitam kebiruan adalah darah yang teroksidasi pada vena di dalam kulit bawah mata.

"Kulit di sekitar mata cukup ringkih, transparan, dan sangat tipis, sehingga menyebabkan sangat mudah bagi darah untuk tampak," terang Lee.

"Lingkaran biru sangat mudah dilihat pada pagi hari setelah kita tidur karena cairan yang terakumulasi sepanjang malam," sambungnya.

7 dari 8 halaman

Usia

Penuaan bisa menjadi penyebab munculnya lingkaran hitam karena sejumlah hal. Ketika menua, kulit bakal kehilangan elastisitas dan volume kulit pasalnya lemak di wajah menghilang serta produksi kolagen menurun, membuat kulit menjadi tipis dan tak elastis.

"Karena munculnya penipisan ini, pembuluh darah bisa jadi lebih terlihat di bawah kulit, berujung munculnya lingkaran hitam" terang Dr. Sanders.

8 dari 8 halaman

Makanan Asin

Ketika kantung mata yang kamu miliki besar pada pagi hari dan berkurang seiring waktu, hal ini bisa diakibatkan oleh retensi cairan karena terlalu banyak garam. Untuk meredakan masalah ini, sebaiknya kurangi konsumsi garam, tingkatkan asupan air, serta tidur dengan kondisi batal tinggi.

Sejumlah hal tersebut bisa jadi penyebab munculnya lingkaran hitam serta kantung mata. Beberapa kondisi bisa dihindari dan dicegah agar tidak menimbulkan di kemudian hari. [RWP]

Baca juga:
Ini Penyebab Mengapa Seorang Penderita Diabetes Sangat Rentan Alami Kerusakan Mata
Waspada! Gangguan Tidur Ternyata Bisa Berujung Menjadi Kebutaan
Begini 10 Cara Jaga Kesehatan Mata Akibat Penggunaan Gawai
Bertambahnya Penduduk Usia Tua Diprediksi Sebabkan Tsunami Katarak pada Tahun 2030
Cara Pertolongan Pertama Ketika Mata Mengalami Masalah Iritasi Akibat Kabut Asap

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini