8 Keajaiban buah bit untuk kesehatan tubuhmu, apa saja?

Rabu, 26 Juli 2017 15:21 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
8 Keajaiban buah bit untuk kesehatan tubuhmu, apa saja? Ilustrasi bit merah. ©2014 Merdeka.com/shutterstock/Yevgeniya Shal

Merdeka.com - Meski bit bukanlah buah asli Indonesia, namun dari hari ke hari makin banyak saja orang yang mengonsumsi buah ini. Sebabnya bit umum dipakai sebagai salah satu bahan jus yang membawa banyak manfaat untuk kesehatan tubuhmu. Bit sendiri mengandung serat, vitamin C, magnesium, dan folat.

Dilansir dari medicaldaily.com, berikut adalah keajaiban buah bit yang patut untuk kamu ketahui.

Menurunkan berat badan
Minum jus bit bermanfaat untuk memperlancar proses detoksifikasi dalam tubuh, termasuk kandungan lemak dalam tubuh. Bersama dengan magnesium yang mendukung fungsi saraf dan otot agar lebih maksimal, maka minum jus bit akan membuat berat badanmu turun.

Mengurangi peradangan
Bit mengandung fitonutrien yang dikenal sebagai betalains yang efektif untuk mengurangi peradangan dalam tubuh.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Peneliti percaya bahwa kandungan nitrat dalam bit yang kemudian berubah menjadi oksida nitrat ketika masuk ke dalam tubuh akan meningkatkan sistem kekebalan tubuhmu.

Meningkatkan kesehatan pencernaan
Secangkir bit mengandung 3,4 gram serat yang baik untuk mendukung kesehatan pencernaan serta memberi makan bakteri baik di dalam usus.

Meningkatkan kesehatan seksual
Bit sering disebut sebagai viagra alami karena kandungan nitrat di dalamnya akan melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan sirkulasi darah ke alat kelamin. Hasilnya, ereksi akan berlangsung lebih lama.

Menurunkan tekanan darah
Minum jus bit secara rutin akan menurunkan tekanan darah. Hal ini terbukti dari sebuah penelitian yang diterbitkan di Nutrition yang menemukan bahwa pria atau wanita yang minum segelas jus bit mengalami menurunnya tekanan darah 6 jam kemudian.

Menyehatkan jantung
Peneliti percaya bahwa kandungan nitrat di dalam bit akan melemaskan pembuluh darah serta meningkatkan aliran oksigen dan darah ke jantung.

Mencegah kanker
Fitonutrien di dalam bit seperti betalains bermanfaat untuk menghambat pembentukan karsinogen dan meningkatkan produksi sel imun dan enzim tubuh yang membantu menghentikan produksi sel kanker. [feb]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini