7 Hal sederhana ini bikin tidur menjadi pulas

Jumat, 3 Oktober 2014 21:24 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
7 Hal sederhana ini bikin tidur menjadi pulas Ilustrasi lavender. Shutterstock/Floydine

Merdeka.com - <p>Menurut penelitian kesehatan yang dilansir dari healthmeup.com, sekitar 45% mengalami kesulitan untuk tidur setiap malamnya. Padahal tidur sangat diperlukan untuk memulihkan energi yang hilang setelah beraktivitas serta memperbarui seluruh sel dalam tubuh. Jika Anda mengalami sulit tidur, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari tahu penyebab mengapa gangguan ini terjadi. Setelah Anda mengetahui faktor penyebabnya, lakukan hal sederhana berikut agar tidur Anda nyenyak.

Menghirup aroma lavender
Aroma dari lavender memudahkan Anda untuk tidur sebab dapat melemaskan otot-otot dan memperlambat detak jantung. Selain menghirup aroma lavender, teteskan beberapa minyak esensial di atas bantal Anda.

Makan banyak kalsium
Kalsium adalah mineral yang membantu Anda untuk tertidur dengan nyenyak. Oleh karena itu makan banyak kalsium seperti bayam, labu, atau minum segelas susu setiap harinya.

Minum teh herbal
Teh herbal seperti chamomile bermanfaat untuk menginduksi tidur, mengurangi stres serta kecemasan sehingga dapat membuat Anda tidur dengan nyenyak.

Jaga suhu kamar
Suhu kamar yang ideal antara 20-23 derajat mampu membuat Anda segera tertidur.

Mandi sebelum tidur
Mandi dengan air hangat sebelum tidur mampu melemaskan otot Anda sehingga Anda bisa lebih santai.

Matikan semua gadget
Matikan semua gadget atau peralatan elektronik Anda setidaknya setengah jam sebelum Anda tidur. Sebab cahaya dari televisi, ponsel, atau laptop mampu mengganggu pola tidur Anda.

Mendengarkan musik yang menenangkan
Genre musik yang lambat dan menenangkan mampu secara signifikan meningkatkan kualitas tidur Anda.

Tidur menyimpan bermacam manfaat untuk kesehatan. Sehingga jika Anda mengalami susah tidur, segera terapkan tips di atas.

[feb]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini