7 Alternatif Sehat Pengganti Gula, Mulai Madu Hingga Kurma

Selasa, 2 Maret 2021 06:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
7 Alternatif Sehat Pengganti Gula, Mulai Madu Hingga Kurma Ilustrasi gula. ©2014 Merdeka.com/shutterstock/Gayvoronskaya_Yana

Merdeka.com - Gula merupaan salah satu bahan makanan yang tak bisa lepas kita konsumsi sehari-hari. Baik dalam bentuk makanan atau minuman, konsumsi gula ini tak bisa lepas dari kehidupan kita.

Sayangnya, seperti kita ketahui, konsumsi gula secara berlebihan ini merupakan sebuah hal yang buruk. Hal ini terutama semakin berbahaya pada orang-orang dengan kondisi tertentu.

Tingginya kandungan gula pada tubuh bisa menyebabkan dampak buruk serta inflamasi. Sayangnya, tanpa sengaja kadang gula ini memang sudah ada pada makanan dan minuman kita.

Untuk mencegah kandungan gula berlebih ini, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah membatasi tambahan gula pada makanan dan minuman kita. Untuk mengatasi hal ini, kita juga dapat mengganti konsumsi gula dengan sejumlah bahan lain.

Mengganti gula dengan bahan lain bisa membantu untuk membuat rasa makanan tetap manis tanpa takut mengalami dampak buruk. Dilansir dari Amodrn, berikut sejumlah alternatif sehat pengganti gula yang bisa kamu coba.

1. Madu

Madu merupakan salah satu alternatif yang paling umum sebagai pengganti gula. Gula dalam bentuk mentah dan alami merupakan yang paling sehat karena tidak mengalami proses pasteurisasi dan memiliki indeks glikemik yang rendah. MAdu juga memiliki kandungan enzim, antioksidan, zat besi, serta zinc yang sehat.

Baca Selanjutnya: Sirup Maple dan Agave...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Nutrisi
  3. Gula
  4. Fakta Kesehatan
  5. Tips Sehat
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini