5 Seni bela diri terbaik untuk wanita

Jumat, 8 Maret 2013 21:36 Reporter : Kun Sila Ananda
5 Seni bela diri terbaik untuk wanita Ilustrasi seni bela diri tae kwon do. ©Shutterstock.com/Kzenon

Merdeka.com - Dunia bisa jadi tempat yang menakutkan bagi wanita. Beberapa tindak kejahatan tak jarang menjadikan wanita menjadi korban. Untuk itu, tak ada salahnya jika wanita mempelajari ilmu bela diri untuk melindungi diri mereka.

Berikut ini adalah beberapa jenis olahraga bela diri terbaik yang bisa dipelajari oleh wanita untuk menjaga keselamatan mereka, seperti dilansir oleh Live Strong (23/03/10).

2 dari 6 halaman

Tae Kwon Do

doIlustrasi seni bela diri tae kwon do. ©Shutterstock.com/Kzenon

Tae Kwon Do berasal dari Korea dan merupakan salah satu olahraga bela diri yang populer. Tae Kwon Do sendiri berarti "seni menendang dan meninju." Selain untuk bela diri olahraga bela diri ini juga dilombakan di Olimpiade.

Meski begitu, Tae Kwon Do memiliki beberapa teknik penting untuk mempertahankan diri. Ilmu bela diri ini cocok untuk wanita karena lebih fokus pada menendang. Pria memiliki kekuatan tubuh bagian atas yang lebih besar dibanding wanita, dan ini bisa membuat wanita lebih rentan kalah jika bertarung dengan pria. Dengan teknik tendangan Tae Kwon Do, wanita bisa mengalahkan kekuatan pria.

3 dari 6 halaman

Krav Maga

5 seni bela diri terbaik untuk wanitaIlustrasi krav maga. ©Shutterstock.com/smoxx

Krav Maga berasal dari israel dan cukup populer. Ini merupakan seni bela diri yang dimiliki oleh sistem pertahanan diri dari pasukan Israel. Wanita bisa mendapat keuntungan dari Krav Maga karena sistem ini membantu murid untuk menyeimbangkan fungsi mental dan fisik mereka ketika sedang dalam penyerangan.

Krav Maga bisa memberikan kekuatan pada wanita untuk melindungi diri mereka sendiri melawan situasi berbahaya seperti ketika terjadi pelecehan seksual. Seni bela diri ini mengajarkan wanita untuk menggunakan berbagai bagian tubuh seperti siku dan lutut yang bisa menjadi senjata jika diperlukan.

4 dari 6 halaman

Aikido

5 seni bela diri terbaik untuk wanitaIlustrasi aikido. ©Shutterstock.com/Csaba Peterdi

Aikido adalah seni bela diri yang berasal dari Jepang. Kebanyakan seni bela diri biasanya mengajarkan kekerasan untuk mempertahankan diri. Namun Aikido mengajarkan kemampuan untuk membalikkan kekuatan lawan dan menggunakannya untuk melumpuhkan mereka. Seni bela diri ini bermanfaat bagi wanita karena tak mengharuskan wanita lebih kuat dari pria atau orang lain yang menyerangnya. Aikido mengajarkan banyak teknik yang membuat wanita bisa menghadapi atau bahkan lolos dari serangan.

5 dari 6 halaman

Brazilian Jiu Jitsu

jitsuIlustrasi Brazilian Jiu Jitsu. ©Shutterstock.com/DG Pictures

Teknik bergulat yang ditawarkan oleh seni bela diri ini bisa bermanfaat bagi wanita. Kekerasan seksual serta penyerangan biasanya terjadi di darat dan wanita seringkali jatuh ke tanah. Brazilian Jiu Jitsu yang sangat cocok digunakan untuk pertempuran darat akan sangat membantu wanita untuk mempertahankan diri dalam keadaan terjepit atau terjatuh.

6 dari 6 halaman

Jeet Kune Do

doIlustrasi Jeet Kune Do. ©Shutterstock.com/DAN SCANDAL

Jeet Kune Do didirikan oleh seniman bela diri terkenal Bruce Lee. Keinginan Bruce Lee adalah membuat bela diri terbaik yang paling efektif dan memadukannya menjadi satu sistem pertempuran. Jeet Kune Do mengajarkan siswanya untuk menghadapi serangan dengan cara yang paling efisien. Mereka diajarkan untuk mencapai target terdekat dengan senjata terdekat yang mereka miliki.

Mencolok mata penyerang adalah salah satu cara yang diajarkan oleh Jeet Kune Do. Seni bela diri ini baik dipelajari wanita karena bisa mengajarkan wanita cara menghindari situasi berbahaya secepat mungkin sebelum keadaan semakin memburuk.

Itulah lima seni bela diri yang bisa dipelajari oleh wanita untuk mempertahankan dirinya. Wanita bisa memilih seni bela diri yang cocok untuk dirinya dan tubuhnya agar bisa mempertahankan diri mereka sendiri saat bahaya datang.

[kun]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini