5 Masalah Kesehatan yang Bisa Memicu Munculnya Masalah Gusi Berdarah

Jumat, 2 Desember 2022 13:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
5 Masalah Kesehatan yang Bisa Memicu Munculnya Masalah Gusi Berdarah ilustrasi gusi berdarah. ©smilepoint.com.sg

Merdeka.com - Kesehatan mulut dan gusi kerap tak mendapat perhatian yang cukup serius bagi beberapa orang. Hal ini terutama pada kondisi kesehatan gusi yang kerap disepelekan.

Salah satu hal menyebalkan yang kerap kamu alami ketika menyikat gigi di pagi hari adalah gusi yang berdarah. Pada banyak kasus, gusi berdarah dan bengkak ini merupakan tkamu dari terjadinya penyakit gusi.

Darah di gusi ini sendiri tak jarang juga disebabkan oleh hal lain yang mungkin kamu miliki. Dilansir dari howstuffworks, berikut sejumlah hal yang bisa menyebabkan gusi kamu berdarah.

Kebersihan Mulut yang Buruk

Kebersihan mulut yang buruk menjadi penyebab utama dari gusi bengkak dan berdarah. Menjaga kebersihan mulut tidak hanya dilakukan dengan menyikat gigi saja. Pasalnya, menyikat gigi tidak akan menghapus semua plak, tartar dan kalkulus yang terakumulasi pada gigi kamu.

2 dari 3 halaman
5 masalah kesehatan yang bisa memicu munculnya masalah gusi berdarah

Radang Gusi

Gingivitis atau radang gusi, adalah salah satu penyebab dari gusi bengkak dan berdarah. Jika tidak ditangani dengan serius, gingivitis bisa menjadi penyakit serius. Masalah ini adalah kondisi kronis yang disebabkan oleh efek jangka panjang dari plak dan karang gigi.

Kehamilan atau Perubahan Hormonal

Gusi kamu menjadi lebih sensitif saat hamil. Hal ini disebut gingivitis kehamilan yang disebabkan oleh fluktuasi kadar hormon yang meningkatkan aliran darah ke gusi dan jaringan lain di tubuh. Hormon-hormon kehamilan juga mempengaruhi respons normal tubuh terhadap bakteri sehingga kamu lebih rentan terhadap infeksi periodontal.

3 dari 3 halaman
5 masalah kesehatan yang bisa memicu munculnya masalah gusi berdarah

Penyakit Periodontal

Penyakit periodontal terjadi ketika gingivitis tidak diobati dengan baik. Sementara gingivitis terbatas hanya pada gusi, penyakit periodontal bisa menyebar ke jaringan dan tulang yang mendukung gigi. Kamu bahkan juga dapat melihat nanah di antara gigi dan gusi.

Gangguan Pendarahan

Salah satu penjelasan yang paling serius bagi gusi berdarah adalah gangguan pendarahan, seperti idiopatik thrombocytopenic purpura. Gusi berdarah bisa menjadi tkamu ketidakmampuan darah untuk membeku, sehingga gusi dan mulut seringkali menjadi tempat pertama di mana gejala itu muncul.

Sejumlah masalah tersebut bisa menjadi penyebab terjadinya masalah gusi berdarah. Membersihkan gigi dengan tepat dan menyeluruh bisa menjadi cara untuk mencegah terjadinya masalah ini. [RWP]

Baca juga:
Mempertahankan Gigi Jadi Cara yang Lebih Dipilih Dibanding Mencabutnya
Cara Menggosok Gigi yang Benar untuk Anak, Ajari Sejak Dini
Cuci Muka atau Menyikat Gigi, Mana yang Sebaiknya Dilakukan Terlebih Dahulu?
Usai Menyikat Gigi, Dokter Sarankan untuk Berkumur Dulu Sekali
Bakteri yang Ada di Dalam Mulut Bisa Menjadi Penyebab Sinusitis

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini