5 Makanan Sehat yang Cocok Dikonsumsi untuk Mempertajam Otak pada Saat Ujian

Sabtu, 14 Maret 2020 00:40 Reporter : Rizky Wahyu Permana
5 Makanan Sehat yang Cocok Dikonsumsi untuk Mempertajam Otak pada Saat Ujian ilustrasi anak ujian. ©www.gettyimages.com

Merdeka.com - Masa-masa ujian bakal dilalui terutama oleh para siswa sekolah pada beberapa minggu ke depan. Mempersiapkan kondisi fisik dan mental yang tepat merupakan hal yang penting dilakukan sebelum menghadapi ujian.

Salah satu cara termudah untuk melakukannya adalah dengan mengonsumsi makanan yang tepat. Konsumsi makanan tak sehat bakal menyebabkan anak menjadi sakit dan menjadi lelah seharian.

Ketika pada masa-masa ujian, otak berada dalam kondisi yang sangat stres. Konsumsi makanan sehat bisa membantu menurunkan stres, menenangkan saraf, serta membuat tubuh tetap aktif dan ringan.

Makanan yang sehat dan seimbang juga bisa mencegah tubuh menjadi lesu dan sel otak mampu meningkatkan ingatan. Kondisi tubuh yang optimal dan otak yang tajam bisa menjadi bekal berharga untuk menghadapi ujian. Dilansir dari The Health Site, berikut lima makanan yang sangat cocok dikonsumsi ketika masa ujian.

1 dari 5 halaman

Bermacam Sayuran

Sayiram dengan bermacam-macam warna dan jenis merupakan sumber antioksidan yang sangat kaya. Makanan ini bisa membuat sel otak tetap sehat. Disarankan utnuk mengonsumsi tomat, ubi, labu, wortel, serta bayam untuk mendapat manfaat ini.

2 dari 5 halaman

Selai Kacang

Selai kacang memiliki kandungan vitamin E di dalamnya, sebuah antioksidan yang melindungi membran saraf. Makanan ini juga mengandung thiamin yang sangat baik bagi otak serta ada kandungan glukosa yang bisa memberi tambahan tenaga.

3 dari 5 halaman

Berri-Berrian

Berri-berrian memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan lain dengan manfaat untuk meningkatkan ingatan. Biji-bijian yang terdapat pada jenis buah ini juga mengandung lemak omega 3 yang bisa meningkatkan fungsi otak.

4 dari 5 halaman

Kacang Polong

Kacang polong memiliki kandungan protein, karbohidrat kompleks, serat, vitamin, dan mineral di dalamnya. Keberadaan kandungan ini sangat penting bagi fungsi dan perkembangan otak. Sayuran ini juga bisa menjaga energi di dalam diri tetap tinggi.

5 dari 5 halaman

Susu dan Yogurt

Produk olahan sapi merupakan sumber yang kaya dengan vitamin B dan sangat diperlukan untuk perkembangan jaringan otak, neurotransmitter, serta enzim. Jenis terbaik untuk manfaat ini adalah susu rendah lemak dan yogurt.

Berbagai makanan tersebut sangat penting untuk dikonsumsi ketika masa ujian tiba. Jangan lupa untuk istirahat secara cukup agar mendapat manfaat yang diinginkan dari konsumsi makanan tersebut. [RWP]

Baca juga:
Minum Susu Tidak Harus Tiap Hari, Ini Pengganti yang Bisa Kamu Konsumsi
Makanan yang Wajib Dikonsumsi Ibu Hamil Jika Ingin Punya Bayi Berkulit Terang
Konsumsi Sereal Bisa Bantu Orang Tua Cegah Hilangnya Ingatan
Sarapan dalam Jumlah Besar di Pagi Hari Bisa Membakar Kalori 2 Kali Lebih Banyak
Cukai Minuman Manis Bakal Diterapkan di Indonesia, Efektifkah Tekan Konsumsi Gula?

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini