5 Macam Makanan yang Penting Dikonsumsi untuk Memberi Suntikan Energi Seketika

Kamis, 15 September 2022 13:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
5 Macam Makanan yang Penting Dikonsumsi untuk Memberi Suntikan Energi Seketika Ilustrasi pisang. ©2014 Merdeka.com/Shutterstock/valzan

Merdeka.com - Rasa mengantuk dan lelah di siang hari merupakan hal yang bisa muncul pada saat sedang bekerja atau sekolah. Kondisi ini bisa membuatmu hilang fokus dan kesulitan mengikuti hal yang kamu lakukan.

Bagi sejumlah orang, permasalahan ini biasanya diatasi dengan konsumsi kafein. Sayangnya, tidak semua orang bisa atau mau mengonsumsi kafein ini.

Sebagai pengganti kafein, terdapat sejumlah makanan dan minuman yang bisa memberi suntikan energi seketika. Pilihan ini lebih sehat dan menimbulkan efek samping yang lebih minim.

Walau kafein memiliki kandungan yang sehat, namun konsumsi berlebih bisa menimbulkan dampak ke tubuh. Dilansir dari The Health Site, berikut sejumlah makanan yang bisa memberi suntukan energi seketika untuk melawan rasa lelah dan kantuk.

1. Pisang

Pisang merupakan salah satu buah yang bisa memberi suntikan energi seketika karena kandungan vitamin dan mineral di dalamnya. Selain bisa menghilangkan rasa lelah dan kantuk, buah ini juga cukup mengenyangkan untuk kamu konsumsi siang hari.

2 dari 3 halaman

Oatmeal dan Teh Hijau

teh hijau

2. Oatmeal

Oatmeal merupakan pilihan yang sangat bergizi dan mampu memberi suntikan energi seketika. Makanan ini kaya dengan kandungan serat dan karbohidrat serta bisa semakin sehat ketika dikonsumsi bersamaan dengan susu atau buah-buahan lain.

3. Teh Hijau

Teh hijau memiliki kandungan kafein yang sangat minim di dalamnya. Suntikan energi dari minuman ini berasal dari asam amino L-thiamine di dalamnya yang mampu membuat pikiran tenang tanpa memunculkan rasa kantuk.

3 dari 3 halaman

Mengunyah Permen Karet dan Kacang-kacangan

karet dan kacang kacangan

4. Mengunyah Permen Karet

Mengunyah permen karet juga bisa menjadi cara mudah untuk dilakukan dalam meningkatkan asupan energi. Pada saat mengunyah, kamu bisa lebih terjaga serta menyebabkan hilangnya rasa lelah.

5. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan terutama almond dan kenari bisa memberi suntikan pada otak karena kandungan tinggi omega-3 di dalamnya. Karena alasan dan kandungan yang sama, makanan ini bisa membuatmu terjaga dan tetap siaga saat bekerja.

Sejumlah makanan tersebut bisa menjadi alternatif selain kopi untuk meningkatkan energi seketika. Hal ini penting untuk membuatmu tetap produktif tanpa khawatir efek samping yang muncul. [RWP]

Baca juga:
Bisa Bermasalah Jika Berlebihan, Ketahui 3 Masalah yang Muncul dari Terlalu Banyak Mi
Makan Malam saat Sedang Diet Boleh Saja, Asal Perhatikan Jumlah Kalori
Makan Telur dan Ikan Tiap Hari Jadi Cara Penting Turunkan Stunting
Banyak Dipercaya, Benarkah Daging Kambing dan Kopi Bisa Jadi Penyebab Hipertensi?

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini