5 Hal yang Umumnya Jadi Penyebab Kamu Terbangun Ketika Tidur Malam

Senin, 18 April 2022 06:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
5 Hal yang Umumnya Jadi Penyebab Kamu Terbangun Ketika Tidur Malam Ilustrasi susah tidur. ©2012 Shutterstock/Elena Elisseeva

Merdeka.com - Gangguan tidur bisa menjadi penyebab sejumlah masalah kesehatan yang dialami oleh seseorang. Terdapat berbagai hal yang bisa menjadi penyebab gangguan tidur ini dan salah satunya adalah terbangun di malam hari.

Terbangun tengah malam ketika tidur merupakan hal yang mungkin pernah dialami oleh semua orang dalam kesempatan tertentu. Masalah bangun dari tidur ini merupakan hal yang normal terjadi.

Jose Colon, MD, pendiri Paradise Sleep dan penulis The Sleep Diet, mengatakan bahwa terbangun di tengah malam itu normal dan merupakan bagian dari DNA manusia. Namun tentu saja terdapat alasan dari terjadinya hal tersebut padamu. Dilansir dari sejumlah sumber, berikut penyebab kamu tiba-tiba terbangun pada malam hari.

1. Ingin Buang Air Kecil

Nocturia (hasrat buang air kecil di malam hari) menjadi salah satu penyebab kamu bangun di tengah malam. Bila kamu sering mengalaminya, para ahli menyarankan untuk minum air yang dicampur sedikit garam sekitar 30 menit sebelum tidur.

2 dari 3 halaman

Suhu Kamar dan Kebiasaan Bermain Media Sosial

2. Suhu Kamar yang Terlalu Panas

Suhu kamar yang terlalu panas bisa membuat kamu tidak bisa tidur lelap. Temperatur kamar antara 16-18 derajat celcius sangat ideal untuk dipakai tidur dan bisa membuat kamu lebih cepat mengantuk.

3. Kebiasaan Bermain Media Sosial

Jika kamu memiliki kebiasaan seperti membuka media sosial sebelum tidur, itu bisa mengganggu kualitas tidur kamu. Paparan sinar ke mata yang terjadi saat malam bisa menghentikan tubuh untuk membuat melatonin, hormon tidur. Karena itu, matikan lampu kamar sebelum tidur atau jika masih ingin bermain dengan smartphone kamu, coba kurangi intensitas cahayanya.

3 dari 3 halaman

Alkohol dan Stres

stres

4. Alkohol

Minum alkohol sebelum tidur bisa mengganggu kualitas tidur kamu. Beberapa jam setelah minum alkohol, kamu mungkin merasa ngantuk, namun beberapa jam kemudian akan muncul ketidaknyamanan di perut. Bila kamu ingin minum alkohol, minumlah beberapa jam sebelum tidur agar efeknya tidak terlalu keras.

5. Stres

Stres bisa menjadi biang keladi masalah tidur yang kamu alami. Untuk mengatasinya, kamu bisa mencoba yoga atau teknik meditasi lainnya.

Lima hal tersebut merupakan alasan umum penyebab seseorang terbangun ketika tidur di malam hari. Namun jika masalah bangun di malam hari ini sudah sampai taraf yang mengganggu, maka sebaiknya segera periksakan ke dokter. [RWP]

Baca juga:
Tips Sesuaikan Pola Tidur secara Efektif selama Bulan Ramadan
Waspadai Terjadinya Mendengkur! Indikasi Adanya Masalah Penyempitan Saluran Napas
Benarkah Mode Gelap Bisa Berdampak Lebih Baik Terhadap Mata dan Kualitas Tidur?

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini