5 Hal yang Tanpa Kamu Sadari Bisa Memicu Terjadinya Nyeri Otot

Jumat, 20 Mei 2022 13:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
5 Hal yang Tanpa Kamu Sadari Bisa Memicu Terjadinya Nyeri Otot ilustrasi kram otot. active.com

Merdeka.com - Saat sedang bersantai sambil tidur-tiduran di rumah tanpa aktivitas yang berat juga bisa menyebabkan malapetaka pada dirimu. Bisa saja dalam kondisi ini kamu tiba-tiba mengalami nyeri otot.

Masalah nyeri otot merupakan suatu hal yang biasanya terjadi usai berolahraga. Namun nyeri otot ini juga bisa terjadi walaupun kamu tidak baru saja melakukan olahraga.

Terdapat beberapa hal selain olahraga yang bisa memicu kamu mengalami nyeri otot. Dikumpulkan dari berbagai sumber, berikut sejumlah hal yang bisa menyebabkan kamu mengalami nyeri otot.

Kurangnya Vitamin D

Kekurangan vitamin D bisa jadi merupakan salah satu penyebab munculnya nyeri otot pada tubuh kamu.

"Tubuh Anda terdiri dari sel yang memiliki reseptor vitamin D di dalamnya. Ketika Anda kekurangan vitamin D, otot menjadi lebih sensitif sehingga sering nyeri. Selain itu vitamin D juga dibutuhkan untuk kesehatan tulang. Kekurangan vitamin D dalam tulang akan membuat tulang menjadi lemah dan tidak bisa mendukung kesehatan otot," terang Dr Deyo Famuboni, peneliti dari Inggris.

2 dari 3 halaman

Stres dan Kurang Zat Besi

Kekurangan Zat Besi

Selain kekurangan vitamin D, penyebab umum dari nyeri otot adalah kurangnya zat besi dalam tubuh. Hal ini umumnya juga dialami oleh wanita ketika mereka sedang dalam periode menstruasi. Namun kekurangan zat besi ini bisa diredakan dengan konsumsi kacang-kacangan, bayam, ikan, dan telur.

Stres

Penyebab lain dari nyeri otot adalah stres. Ketika seseorang tengah stres, dilepaskan sejumlah hormon yang membuat otot-otot jadi menegang.

"Bahkan ketika stres yang Anda derita termasuk stres kronis, maka otot Anda bisa sulit untuk digerakkan," ungkap Dr Marilyn Glenville, ahli kesehatan perempuan di Inggris.

3 dari 3 halaman

Masalah Kesehatan Lain yang Bisa Menyebabkan

Masalah Medis Lain

Beberapa masalah medis atau penyakit lain bisa menyebabkan nyeri otot seperti polymyalgia rematik atau arthritis. Kebiasaan sehari-hari yang salah juga bisa menyebabkan nyeri otot seperti sering memakai tas berat atau sepatu yang tidak nyaman.

Otot Terkilir

Otot terkilir atau keseleo otot yang tidak segera ditangani juga mampu membuat kamu mengalami nyeri otot. Masalah ini termasuk salah satu penyebab utama nyeri otot selain olahraga.

Kondisi nyeri otot ini bisa diatasi melalui berbagai cara. Konsumsi sejumlah makanan, pengobatan medis, serta perubahan gaya hidup juga bisa mengatasi masalah nyeri otot ini.

Baca juga:
Kepala Bertanduk? Berbagai Dampak Perubahan Teknologi pada Fisik
Sering Dialami Pekerja saat WFH, Ini Cara Atasi Nyeri Otot dan Sendi

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Nyeri
  3. Otot
  4. Fakta Kesehatan
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini